Pemakaian Smartphone Berlebihan, 5 Penyakit Berbahaya Mengintai

Pemakaian Smartphone Berlebihan, 5 Penyakit Berbahaya Mengintai

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Tidak bisa dipungkiri kehadiran smartphone sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Smartphone mampu mempermudah berbagai pekerjaan. Namun, penggunaan secara berlebihan ternyata bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan.

Masalah kesehatan yang muncul pun dijelaskan Editor Kesehatan dan Makanan dari The Huffington Post, Kate Bratskeir, bahwa tidak hanya sebatas gangguan mental tapi juga kesehatan fisik. Berikut beberapa masalah kesehatan yang muncul akibat menggunakan smartphone secara berlebihan seperti dilansir dari Huffington Post.

1. Cyber sickness
Umumnya penderita gangguan cyber sickness akan merasakan pusing dan mual ketika melihat layar smartphone. Kondisi ini muncul akibat adanya ketidakcocokan di antara sensor perasa. Sebagian penderita pun mengaku, mereka merasakan hal yang sama seperti ketika menaiki roller coaster.

Menurut sejumlah pakar, kondisi ini disebabkan akibat otak menerima rangsangan namun kondisinya tidak cocok dengan rangsangan yang diterima. Penyakit ini umumnya menyerang mereka yang kerap melihat adegan action atau ketika menggeser layar dengan cepat dan kondisi ini juga rentan menyerang mereka yang memiliki migrain.

2. Text claw
Kondisi ini umumnya ditandai dengan rasa nyeri yang terjadi pada jari, pergelangan tangan dan lengan akibat mengirim pesan lewat smartphone dengan intensitas yang tinggi. Text claw terjadi akibat pergerakan otot dan tendon yang terus menerus. Pergerakan inilah yang pada akhirnya memicu otot dan tendon meradang sehingga menimbulkan rasa nyeri.

3. Eye strain
Eye strain atau mata lelah merupakan kondisi yang kerap terjadi akibat penggunaan smartphone yang berlebihan. Kondisi ini disertai dengan gejala seperti pedih, mata kering, sakit kepala dan iritasi. Kendati demikian ini bukan masalah serius.

4. Text neck
Leher dan tulang punggung juga bisa terkena dampak akibat penggunaan smartphone yang berlebihan. Kondisi ini disebut juga dengan text neck. Di mana text neck terjadi ketika menggunakan smartphone sambil berjalan dan menunduk. Akibatnya tulang belakang harus menanggung beban yang berat.

Jika dibiarkan kondisi ini bisa menyebabkan masalah yang serius. Pasalnya, text neck bisa meningkatkan risiko penyakit tulang belakang.

5. Phantom vibe
Jika Anda kerap merasakan smartphone bergetar padahal tidak terjadi sama sekali, ini merupakan tanda phantom vibe. Sebuah penelitian pun mengatakan, 90% kondisi ini dialami oleh mahasiswa ketika berjalan. Hal ini pun bisa menjadi gejala adanya gangguan ansietas atau perilaku kompulsif.

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews