Diasapi Lorenzo dan Vinales di H1 Tes Qatar, Ini Komentar Rossi

Diasapi Lorenzo dan Vinales di H1 Tes Qatar, Ini Komentar Rossi

Valentino Rossi. (foto: MotoGP)

BATAMNEWS.CO.ID, Qatar - Valentino Rossi tidak puas dengan kesimpulan pada hari pertama tes pramusim III MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar. Pasalnya dalam pengujian yang berakhir Sabtu (11/3/2017) dini hari WIB, dia hanya mampu menempati peringkat ketujuh dalam daftar catatan waktu tercepat pembalap.

Ya, pada hari pertama tes pramusim Qatar 2017, Rossi meraih catatan waktu terbaik 1 menit 55,679 detik untuk satu putaran Losail. Dia masih terpaut 0,860 detik dari pembalap tercepat, Andrea Dovizioso (Ducati). Rossi juga masih di belakang rekan setimnya, Maverick Vinales (kedua tercepat) dan mantan rekan setimnya, Jorge Lorenzo (Ducati, kelima tercepat).

Menurut The Doctor, pada hari pertama tes pramusim Qatar 2017, dirinya masih kesulitan menemukan setelan yang tepat untuk motor Yamaha YZR-M1.

Pebalap 38 tahun itu, sempat coba memperbaiki catatan waktunya dengan mengubah posisi balap di atas M1. Akan tetapi, hingga pengujung pengujian hari pertama, Rossi masih belum bisa menemukan solusi yang tepat.

“Sudah cukup baik. Kami bekerja sedikit pada keseimbangan berat badan dan merasakan adanya masalah khususnya saat motor masuk ke tikungan. Namun pada akhirnya, saya sedikit lebih cepat dari tahun lalu, walaupun secara keseluruhan baik tak begitu oke. Kami mesti bekerja lagi, karena saya masih tidak bisa masuk ke sudut tikungan seperti yang saya inginkan,” kata The Doctor seperti dilaporkan Motorsports.

Ada pun Rossi juga bilang, hari pertama tes Qatar 2017 dia gunakan untuk menjajal kemampuan ban Michelin di waktu malam hari. “Kami juga mencoba sedikit soal ban. Bagaimanapun, terutama untuk ban depan, tampak agak lemah usai beberapa putaran, seolah-olah permukaannya terlalu soft,” tutur Rossi.

“Sedikit masalah yang kami miliki ini juga ada di Phillip Island. Namun di sini, lebih banyak bergantung kepada kondisi lintasan, yang pada awalnya sangat berpasir dan kemudian secara bertahap gripnya meningkat. Jadi kita lihat saja lagi besok (hari kedua tes Qatar 2017),” kata Rossi menjelaskan.

Lantas bagaimana dengan pilihan fairing M1? Sudahkah ada pilihan untuk lomba seri pertama?
“Perubahannya benar-benar kecil, tetapi kami masih belum memutuskan.”

Terakhir, Rossi juga mengucapkan rasa duka cita untuk mendiang John Surtees yang meninggal di usia 83 tahun. “Saya pernah bertemu dengannya sekali di London dan kemudian di Goodwood 2017. Dia merupakan seorang nama legendaris di dunia motorsport,” tutup The Doctor.

Sesuai prediksi, tim Ducati langsung tampil moncer pada tes pramusim terakhir MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar. Andrea Dovizioso tampil sebagai pembalap tercepat.
 
Andrea Dovizioso tampil sebagai yang tercepat di lintasan dengan catatan waktu terbaik untuk satu putaran 1 menit 54,819 detik. Pembalap tim Ducati Corse itu unggul 0,360 detik dari rider anyar tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales.

Tapi yang rada mengejutkan ialah performa Cal Crutchlow (LCR Honda) dan Karel Abraham (Pull&Bear Aspar Team Ducati). Cal yang tak pernah masuk lima besar selama tes pramusim I dan II MotoGP 2017, kali ini menempati urutan tiga pembalap tercepat.

Sedangkan Karel yang memacu Desmosedici GP15, malah mampu mengungguli pembalap tim pabrikan Ducati, Jorge Lorenzo. Karel berada di posisi keempat tercepat dan Lorenzo ada di urutan kelima.

Di bawah lima besar, pembalap debutan tim Tech 3 Yamaha, Jonas Folger, kembali mengejutkan dengan mencatat waktu tercepat keenam. Dia masih satu posisi lebih baik ketimbang pembalap tim pabrikan Yamaha, Valentino Rossi.

Sementara itu, pasca terjatuh di tikungan terakhir Sirkuit Losail kala menjajal sayap baru RC213V. Pembalap tim Honda Repsol sekaligus juara bertahan, Marc Marquez, harus rela terlempar dari 10 besar catatan waktu tercepat hari pertama tes Qatar. Rekan setimnya, Dani Pedrosa, juga agak kesulitan meski masih bisa nangkring di urutan kedelapan.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews