JPU: Ucapan Ahok Soal Al-Maidah 51 Tak Berdiri Sendiri

 JPU: Ucapan Ahok Soal Al-Maidah 51 Tak Berdiri Sendiri

Ahok dan para penasihat hukumnya. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Ketua jaksa penuntut umum Ali Mukartono mengatakan ucapan terdakwa basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang menyitir kitab suci Al Quran surat Al-Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu tidak berdiri sendiri dan saling berkaitan.

Hal tersebut kembali ditanyakan jaksa kepada saksi fakta yang dihadirkan pada sidang lanjutan dugaan penistaan agama yang digelar Selasa, 7 Maret 2017.

Pada saksi pertama, Ali menanyakan kepada eks-Calon Wakil Gubernur Bangka Belitung Eko Cahyono soal kegagalan mereka dalam Pilkada Bangka Belitung 2007. Waktu itu, Eko menjawab penyebab kekalahan mereka adalah penggelembungan suara.

Selain itu, Eko menuturkan kekalahan mereka juga disebabkan adanya selebaran larangan memilih pemimpin dengan menggunakan surat Al-Maidah aya 51.

"Nah, berarti Al-Maidah sudah diposisikan sebagai penghambat," ujar Ali di Auditorium Kementerian Pertanian, Selasa, 7 Maret 2017.

Kemudian, Ali juga menanyakan hal yang sama pada saksi fakta lainnya yaitu Wakil Ketua Koordinator Bidang Pengabdian Masyarakat dan Kebijakan Publik Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) DKI Bambang Waluyo Djojohadikusumo. Ali juga menanyakan pernah atau tidaknya pembahasan surat Al-Maidah ayat 51.

"Nah saksi ini juga seperti itu. Ketika dia katakan berasal partai pengusung dan ditanyakan apakah kegagalan di Bangka Belitung juga dibahas, dijawab iya. Artinya dibahas Al-Maidah dibahas sebelum ke Kepulauan Seribu," ujar Ali.

Ali menilai penyataan Ahok soal Al-Maidah merupakan rangkaian. Selain itu, Ali menilai ucapan tersebut tidak bisa berdiri sendiri dan saling berkaitan. Sehingga, jaksa menilai ucapan tersebut tidak terjadi secara tiba-tiba.

Saat ditanya awak media makna soal apakah rangkaian tersebut bisa meringankan atau memberatkan Ahok, Ali tak mau berkomentar. "Tunggu tuntutan saya," ujar Ali.

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews