Hikayat Pria Bertato dan Makam Keramat (1)

Mendaki 160 Anak Tangga Bukit Keramat di Batam

Mendaki 160 Anak Tangga Bukit Keramat di Batam

Anak tangga yang jumlahnya mencapai 160 tapak untuk mendaki ke puncak Bukit Sekupang. (Ajang Nurdin)

BUKIT Sekupang, letaknya memang hanya sepelemparan batu dengan Pelabuhan Sekupang, Batam. Berada tepat di sebelah kiri Taman Kolam Sekupang, bukit ini masih sangat hijau. Hutannya tak terganggu.

Di puncak bukit inilah disebutkan ada kuburan keramat, yang dikenal juga sebagai "Bukit Wali Sekupang" dan "Bukit Abdullah". Ke kawasan inilah saya berkunjung pada Kamis 2 Februari 2017.

Hm.. ada tangga beton yang sudah dibangun untuk "memudahkan" mendaki bukit. Namun melihat bentuk tangga yang menjulang itu saja sudah melelahkan. Ini belum lagi berjalan. Keringat bercucuran membasahi baju, nafas tentu bergerak cepat mengikuti pacu jantung, sebanyak 160 anak tangga terlewati untuk menuju lokasi kuburan.

Pas berada di puncak bukit, ada bangunan mirip masjid khas Demak, Jawa Timur. Catnya perpaduan warna hijau dan putih kusam. Hanya ada satu tiang besar di tengah-tengah bangunan yang berbentuk delapan sisi ini. Di dalamnya ada tiga kuburan. Seperti barisan saf jamaah shalat, satu makam berada di depan, dua lainnya di belakang.

Di luar bangunan ada enam makam lainnya. Bahkan di kaki bukit di awal pendakian  ada makam di sisi kanan tangga. Di bagian belakang bukit, di sisi kanan ada satu makam, di sisi kiri satu makam. Untuk menuju makam memang sudah bersih dari semak-semak, bisa ditempuh dengan menuruni bukit.

Namun, di semua makam tak ada batu nisan yang menunjukkan identitas sosok yang berada di dalamnya. Secara kasat mata, tak begitu jelas siapa sesungguhnya yang di makamkan di Bukit Sekupang ini. Juga tak ada tanda-tanda bahwa makam ini di bawah perlindungan situs purbakala, atau menunjukkan jejak-jejak bersejarah.

Hanya saja, beberapa makam memang menunjukkan sudah tua. Sebab pagar makam sudah tua terlihat dari beton yang sudah gelap. Namun, sayangnya beberapa makam, terutama makam utama, sudah diberikan beton baru, dan ditambah keramik juga. Sehingga menimbulkan kesan seperti makam baru. (Bersambung ke link artikel di bawah ini)

1. Hikayat Pria Bertato dan Makam Keramat Bukit Sekupang (2)

2. Hikayat Pria Bertato dan Makam Keramat Bukit Sekupang (3-Tamat)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews