Dunia Soroti Rencana TNI AU Beli Pesawat Sukhoi Su-35 Flanker

Dunia Soroti Rencana TNI AU Beli Pesawat Sukhoi Su-35 Flanker

Pesawat Sukhoi Su-35 Flanker. (foto: ist net)

Jakarta - Rencana TNI AU untuk membeli pesawat tempur dari Rusia membuat beberapa negara di dunia risau, negara tetangga pun cenat-cenut. Betapa tidak, pesawat yang akan dibeli adalah Sukhoi Su-35 Flanker. Pesawat ini diakui sebagai pesawat tempur terkuat di dunia saat ini.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) akan memperbaharui armada tempurnya dengan membeli pesawat Sukhoi Su-35 Flanker. Pembelian ini dilakukan untuk mengganti pesawat 11 unit F-5 Tiger buatan Amerika Serikat yang sudah dipakai TNI AU selama 30 tahun lebih.

Rencana pembelian Su-35 oleh TNI AU ternyata menjadi sorotan dunia. Sejumlah situs persenjataan dunia ikut menyoroti soal pembelian jet tempur canggih ini.

Situs airforce-technology.com dan defenseworld.net, laman yang membahas khusus kekuatan tempur udara ini merilis niat Indonesia membeli peralatan canggih buatan Rusia itu.

Dengan mengutip pernyataan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Agus Supriatna, pesawat Su-35 masuk ke dalam daftar pembelian yang dilakukan mulai tahun ini. Selain Su-35, Indonesia juga mengincar F-16 Block 52+ Fighting Falcon, Eurofighter Typhoon, dan Swedish JAS 39 Gripen fighters.

Menurut Agus, Su-35 masuk dalam daftar incaran karena dapat memenuhi kebutuhan alutsista TNI Angkatan Udara, dan lebih mudah dioperasikan. "Semua bisa dipesan, tapi kami sebagai operator ingin empat pesawat baru," ujarnya.

Keinginan tersebut mendapat tanggapan positif dari Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin. Dia berharap agar pembelian pesawat ini bisa terealisasikan.

"Kerja sama militer antara kedua negara telah terbangun beberapa waktu lalu, dan kami ingin meningkatkannya lagi," kata Mikhail.

Untuk Sukhoi Su-35, dia berharap dalam waktu dekat tercapai kontrak kerja sama. "Kita telah siap untuk mempromosikannya tidak lama lagi," kata dia.

Sukhoi Su-35 merupakan model terbaru dari Su-27M Flanker, di mana terdapat peningkatan terhadap kemampuan superioritas tempur udara, dan didesain agar bisa menembak berbagai target dengan menggunakan peluru kendali maupun non-kendali.

Pesawat ini didesain Sukhoi dan dibuat oleh Komsomolsk-on-Amur Aircraft Production Association. Pesawat kini jadi andalan Angkatan Udara Rusia.

(ind/bbs/airforce-technology)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews