Pesona Pantai Cakang di Ujung Barelang

Pesona Pantai Cakang di Ujung Barelang

JANGAN harap Anda akan menemukan hamparan pasir putih di tepi pantai ini. Cerita seperti itu sudah jamak di mana pun sama saja. Di sini pantainya hamparan batu seperti tanah liat.

Coba lemparkan pandangan ke laut lepas. Amboi indahnya. Laksana lukisan di atas kanvas. Matahari sore  berkilau seperti cahaya emas yang menyembul dari punggung laut memantuli pulau-pulau kecil. Hilir mudik perahu nelayan pencari ikan meningkahi pesona alam ini.

Itulah dia Pantai Cakang yang letaknya terpojok di Pulau Galang. Tepatnya berada di kawasan paling ujung Batam. Untuk menuju ke sini mesti melewat semua jembatan Barelang (Batam-Rempangg-Galang).   

Dari Batam, perlu menempuh waktu perjalanan kurang lebih 2 jam untuk menuju  pantai ini. Itupun harus menggunakan kendaraan pribadi. Rute transportasi umum untuk ke sana belum tersedia.

Berada di ujung jalan, Pantai Cakang dikelola oleh masyarakat setempat. Terkadang pintu masuk di buka terkadang tidak. Biaya masuk  Rp 5 ribu saja. Di pintu masuk ada penjaga dari warga setempat, pos mereka hanya sekedar ada saja.

Dari pintu masuk, anda mungkin mengira tidak ada pantai, karena pantai Cakang tertutup semak dan pepohonan.  Tinggal telusuri jalan setapak hingga sampai di ujung di situlah pantai Cakang.

Air laut Pantai Cakang cukup berisik. Spot yang menggugah keinginan pengunjung untuk memotret diri dengan pemandangan sudut pantai. Bila datang pada sore hari, pemandangan sunset cukup memberikan tontonan yang indah.

Paling pas duduk di pelantaran yang sudah tersedia di sebelah kanan pantai ini atau persis ketika menuruni tangga masuk. Ada beberapa pepohonan yang di pagar yang menghadap ke laut. Tersedia pula tempat duduk di bawah pohon itu.

Pantai ini dikelilingi lingkungan hijau dan pepohonan, taman bunga, sehingga masih asri. Pantai Cakang cukup ditata dengan beton-beton, tangga yang diukir seadanya. Fasilitas lainnya yang tersedia seperti ayunan, pondok-pondok kecil yang gratis. Ada pelantaran kayu yang menjorok ke pantai. ***

Penulis: Eliza Gusmeri


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews