https://www.batamnews.co.id

Peringatan HPN 2015

Wapres: Tanpa Media, Bangsa Tidak Punya Mata, Telinga dan Mulut

Wapres Jusuf Kalla. (foto: antara)

Batam - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Batam, Kepulauan Riau, Senin (9/2/2015) sore. Awalnya, acara itu akan dihadiri Presiden Joko Widodo tetapi digantikan oleh Wapres karena presiden masih melakukan lawatan ke luar negeri.

Wapres disambut Gubernur Kepulauan Riau HM Sani dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Riau. Tari-tarian adat juga turut menyambut kedatangan Wapres.

Dalam rangakaian puncak acara tersebut, Wapres menyaksikan rangkaian kegiatan mulai dari penandatanganan kesepakatan bersama antara Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengenai pengembangan pendidikan tinggi jurnalistik di Semarang.

Lalu, MoU mengenai pendidikan dan pelatihan wartawan serta media literaso antara Persatuan Wartawan Indonesia dengan BRI, Garuda Indonesia, Transcorp Media, Artha Graha Peduli dan Lippo Group.

Selain itu, Wapres juga menyaksikan sejumlah penghargaan yang diberikan kepada kalangan pers diantaranya Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2014.

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla mengharapkan pers terus memberikan optimisme kepada masyarakat, mendorong persatuan dan mendamaikan bangsa.

Wakil Presiden mengatakan peran pers sangat penting bagi sebuah bangsa, jika bisa mendorong kemajuan sebuah bangsa serta menginspirasi masyarakat untuk optimistis menyongsong masa depan yang lebih baik.

Namun, ia melanjutkan, pers pun dapat menimbulkan pesimisme bila terus menerus memberitakan hal-hal negatif kepada masyarakat.

Ia juga mengatakan bahwa pers merupakan mata, telinga dan mulut sebuah bangsa. "Tanpa media sebuah bangsa tidak memiliki mata, tidak memiliki telinga dan tidak memiliki mulut," katanya.

Selain Wakil Presiden, sejumlah pejabat tinggi negara seperti Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Ketua MPR Zulkifli Hasan juga menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional 2015 di Batam.

(isk)


Berita Terkait