Isu Konflik Laut Cina Selatan Salah Satu Alasan Polda Kepri Naik Tipe A

Isu Konflik Laut Cina Selatan Salah Satu Alasan Polda Kepri Naik Tipe A

Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi Menpan RB Asman Abnur dan Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian di sela-sela peresmian Polda Kepri jadi Tipe A. (foto: isk/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Polda Kepri resmi naik menjadi tipe A. Peresmian dilakukan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian saat melakukan kunjungan kerja ke Batam, Jumat (20/1/2017).

Peresmian Polda Kepri naik tipe A ditandai dengan upacara penyerahan Pataka Polda Kepri Seligi Sakti Marwah oleh Kapolri Jenderal M Tito Karnavian kepada Kapolda Kepri, Irjen Pol Sam Budigusdian.

"Saya meminta pada Kapolda upacaranya ditunda menunggu Kapolda dan Wakapolda naik pangkat. Sekarang kan sudah naik pangkat, jadi upacaranya berasa meriah," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi MenPAN-RB Asman Abnur, Kadiv Humas Boy Rafli dan Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian usai upacara.

"Saya juga ucapkan terimakasih pada MenPAN-RB yang telah membantu mempercepat proses kenaikan tingkat ini," ujar Tito.

Naiknya Polda Kepri menjadi tipe A, ada beberapa alasan. Kata Tito, selain wilayah Kepri yang sangat luas dan terdiri dari pulau-pulau, alasan lainnya yakni untuk memperkuat wilayah Kepri seperti di Natuna.

"Dengan adanya konflik di Laut China Selatan, antara China dan beberapa negara lain, tapi Indonesia tidak termasuk. Kita perlu mewaspadai," kata Tito.

Selain itu, sambung Tito, dengan adanya peralihan kekuasaan di Amerika Serikat (AS), dari Partai Demokrat ke Republik, perpindahan kekuasaan dari Barack Obama ke Donald Trump tentu akan menimbulkan konsekuensi kebijakan baru yang akan berdampak terhadap situasi di Laut China Selatan.

"Dari TNI akan menambah kekuatan. Natuna diharapkan jadi sentra ekonomi baru. Dan Polda Kepri juga akan melakukan penguatan kekuatan di seluruh wilayah Kepri," ujar Tito.

(isk)  


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews