Waspada, Ini Ciri-ciri Anak yang Terkena Kanker

Waspada, Ini Ciri-ciri Anak yang Terkena Kanker

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Sampai saat ini, kanker masih menjadi musuh besar dan merupakan penyakit yang menakutkan bagi siapa saja termasuk anak-anak. Tapi sebenarnya, sebelum kanker "menyerang" si kecil, seringkali menunjukkan gejala-gejala awal.

Sayangnya, tanda-tanda tersebut kerap dianggap sepele bahkan diabaikan. Bisa jadi, terlambatnya penanganan, karena kurang pekanya orang tua dalam mengetahui gejala awal.  

Untuk itu, orangtua harus lebih peka terhadap penyakit yang diderita anak-anak. Diantaranya adalah mengenai pola perubahan dan perilaku pada anak-anak.

Konsultan Senior, Pediatric Oncology, Apollo Hospitals Delhi Dr Amita Mahajan, mengatakan agar para orang tua mengenali gejala umum kanker yang suka terlihat pada anak-anak. Seperti wajah yang pucat dan menurunnya nafsu makan pada anak.

"Kehilangan berat badan atau nafsu makan hilang sampai lima belas hari maka sang anak bisa saja menderita kanker," ujar Dr Amita seperti dikutip Thehealthsite.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa, gejala umum pada bagian fisik di tubuh juga bisa dilihat. Seperti memar, nyeri sendi, sering berdarah di bagian hidung dan perubahan pada warna di mata merupakan gejala umum pada kanker.

"Ini dapat bermanifestasi sebagai demam berkepanjangan, pucat, perdarahan atau memar di tulang nyeri sendi, bengkak di bagian manapun dari tubuh, warna keputihan pada bola mata, yang tidak berubah itu bisa jadi anak-anak terserang kanker," jelasnya.

Tidak hanya itu, Ia juga menyarankan agar orang tua langsung memeriksakan anaknya ke dokter. Agar bisa langsung ditangani dan disembuhkan.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews