Kronologi Raibnya Dana Nasabah BNI 46 di Rekening

Kronologi Raibnya Dana Nasabah BNI 46 di Rekening

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun -  Sejumlah nasabah BNI 46 Cabang Tanjungbalai Karimun kehilangan uang di rekening. Kepala BNI 46 Cabang Tanjungbalai Karimun Joko Teguh Sembodo menduga nasabah tersebut menjadi korban card skimming.

Ia menceritakan, ada indikasi telah terjadi penarikan dana tunai secara ilegal mulai Sabtu (3/12) malam kemudian pada Senin (5/12) melalui mesin ATM.

Pelaku diduga sudah mengantongi identitas nasabah sejak Agustus lalu. Sehingga, pelaku memungkinkan menyalin data pribadi pemilik ATM seperti pin dan transaksi yang dilakukan saat itu.

"Si pelaku melakukan penarikan dengan pecahan kecil di luar negeri tepatnya Kuala Lumpur Malaysia. Pelaku tersebut, saat melakukan aksinya di saat waktu pergantian hari. Sedangkan, ATM di Indonesia (BNI 46) hanya ada pecahan Rp20 ribu itu khusus di kampus. Tapi umumnya Rp50 ribu dan Rp100 ribu. Pelaku beraksi disaat pergantian tanggal dan waktu,'' paparnya. 

Joko berharap nasabah tidak panik. Kerugian diganti pihak BNI.

Kejadian serupa pernah berlaku di Pontianak, Medan, Bali dan Karimun. 

Dan kejahatan ini termasuk dalam kategori cyber crime yakni card skimming. Hingga saat ini pihaknya sudah melakukan pengamanan terhadap nasabah yang ada di BNI 46 Cabang Tanjungbalai Karimun termasuk di Kundur, dengan melakukan blocking kartu debit nasabah.

“Ganti PIN ATM secara berkala, dan cek saldo,” ujar Joko.

“Ketika mengambil dana tunai di ATM, harap diperhatikan kondisi ATM tersebut,'' kata dia.

 

[snw]

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews