Tips Bedakan Berita Asli atau Hoax di Medsos

 Tips Bedakan Berita Asli atau Hoax di Medsos

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Polisi meminta masyarakat lebih cerdas membaca berita yang muncul di media sosial (medsos) dan media internet. Pembaca sebaiknya mengecek dengan sumber-sumber yang valid. Atau mencermati dengan seksama apa yang diposting.

Tidak dapat dimungkiri, dengan kemajuan teknologi membuat berbagai ataupun mencari informasi jadi lebih mudah. Namun, sayangnya ada saja segelintir orang yang memanfaatkannya untuk menyebarkan berita bohong (hoax).

Bahkan, bagi sebagian pihak, hal ini kerap kali dimanfaatkan untuk menghasut atau memprovokasi para pembacanya. Ada juga yang mengejar keuntungan dengan menarik sebanyak mungkin pembaca untuk mengkliknya.

Dalam hal ini, pembaca tentunya juga dituntut untuk lebih cerdas dalam membedakan mana konten asli dan mana konten yang hanya berisi berita hoax dan coba memprovokasi. Dialnsir dari CNET, Selasa (22/11/2016), berikut beberapa langkah mudah untuk memeriksa berita asli atau hoax.  

1. Cross Check Judul Berita Provokatif

Saat ini tidak sedikit berita provokatif yang berseliweran di internet. Dengan demikian, coba cross check berita tersebut dengan menggunakan mesin pencari Google untuk memastikan apakah berita yang Anda baca, ditulis dan diterbitkan oleh situs berita lain.

2. Cek URL Situs Web atau akun yang memposting

Cek alamat situs web berita tersebut, atau URL-nya, jika berita yang kamu baca barangkali berasal dari situs yang memiliki alamat URL berbeda, misalnya .com.de.

Selain itu cek akun yang memposting kata-kata atau share link berita. Apakah akun tersebut bisa dipertanggungjawabkan.

3. Cek Foto

Terakhir, cek foto di dalam artikel berita. Terkadang pembuat berita palsu juga mengedit foto untuk memprovokasi pembaca.

Caranya, download atau screenshot foto di artikel itu. Lalu, buka Google Images di browser dan seret (drag) foto itu ke kolom pencarian Google Images. Periksa hasilnya untuk mengetahui sumber dan caption asli dari foto tersebut.

4. Gunakan akal sehat

Kemudian gunakan akal sehat kamu saat membaca berita, jangan mudah terpancing, dan jangan ragu mengecek keaslian atau kebenarannya.

5. Langsung ke sumber berita

Lebih baik langsung membaca berita dari sumbernya langsung dengan download aplikasi atau ketik alamat aslinya. Tentu lebih aman dan nyaman karena situs berita biasanya ada penanggung jawab di keredaksian.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews