Melongok Kegiatan Pengrajin Batu Akik di Karimun (1)

Konsumen Terpaksa Antre Menempa Batu Akik

Konsumen Terpaksa Antre Menempa Batu Akik

Seorang penghobi batu akik memperlihatkan koleksinya

Batu akik kini berubah menjadi bisnis menjanjikan. Fenomena batu akik ini telah merambah ke sejumlah kalangan dan menembus ruang dan waktu serta usia.

Di Karimun euforia terhadap batu akik juga terasa. Dapat dengan mudah dijumpai para pembuat batu akik mulai dari pasar hingga ke pinggir-pinggir jalan.

Di sebuah tempat di Jalan Nusantara, Tanjungbalai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, beberapa orang mengolah batu menjadi batu yang memiliki nilai tinggi.

Aktivitas mereka dimulai mulai pukul 08.00 WIB. Sejumlah pengrajin batu akik berjejer di sebuah lorong. Mereka menerima pesanan untuk menyulap batu menjadi berbagai jenis dan ragam.

Keberadaan pengrajin batu akik ini sudah sangat lama. Sejak zaman Karimun dari kecamatan menjadi kabupaten. ' Ini saya mau menempa jadi batu akik, tapi harus antre,’’ kata Andi, seorang penghobi batu akik, Sabtu (31/1/2015).

Batu akik yang telah ditempa terkadang bisa secepat kilat berubah harga. Tergantung keserasian motif batu dan pengikat cincin. Harganya bisa mencapai puluhan juta.

 

[yon]


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews