Awas, Apel yang Terkontaminasi Bakteri Ini Masih Dijual di Batam

Awas, Apel yang Terkontaminasi Bakteri Ini Masih Dijual di Batam

Apel Royal Gala dan Granny Smith

Batam  - Apel asal Amerika Serikat (AS) jenis Granny Smith masih ditemukan dijual bebas di Batam. Sebelumnya, apel ini ditarik dari pasar karena diduga terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.

Pantauan batamnews.com, apel jenis ini masih banyak dijual di Batam, di antaranya Pasar Induk Jodoh, Batuampar, Batam.

Alasan pedagang masih menjual buah yang impor dari California, AS, ini karena tidak mengetahui bila apel granny smith mengandung bakteri jahat.

"Saya tidak tahu kalau apel hijau (granny smith) ini dilarang untuk dijual," kata Tedi (35), pedagang di Pasar Induk Jodoh, Sabtu (31/1/2015).

Tedi mengaku belum mendapatkan informasi resmi dari dinas terkait larangan menjual apel tersebut.

Dia mengaku, apel granny smith jarang dibeli oleh konsumen. Selain rasanya asam, juga mahal. Harga sekilo apel ini dijual Rp 30 ribu. "Apel ini susah jualnya, karena asam," ujar Tedi.

Selain pada apel Granny Smith, bakteri yang sama juga diduga terdapat pada apel asal Amerika lainnya, yakni Royal Gala.

Bakteri Listeria monocytogenes adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit, dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Orang sehat yang terinfeksi mungkin menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Infeksi listeria dapat menyebabkan keguguran pada perempuan hamil.

 

[alv]

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews