Siapa Mukidi? Ini Dia Sosok Penulisnya

Siapa Mukidi? Ini Dia Sosok Penulisnya

Soetantyo Moechlas (Foto: dok.pribadi/Facebook)

BATAMNEWS.CO.ID - Mukidi bikin heboh. Ia jadi terkenal. Dibicarakan di mana-mana. Hampir semua grup seperti Whatsapp, BBM, atau yang lainnya membicarakan Mukidi. 

Banyak yang bertanya, siapa sosok Mukidi sebenarnya? Apakah Mukidi yang sebenarnya itu adalah sang penulis sendiri?

Ditelusuri, kisah humor yang mengisahkan kehidupan sehari-hari Mukidi, bersumber dari blog https://ceritamukidi.wordpress.com dengan akun Twitter @CeritaMukidi. Berbagai artikel lucu tentang Mukidi mulai di posting sejak Agustus 2012 oleh sang penulis.

Dan inilah sosok di balik Cerita Mukidi. Ia bernama Soetantyo Moechlas, warga Banyumas, Jawa Tengah. Humor-humor soal Mukidi awalnya digunakan pria yang akrab disapa Yoyok itu sebagai materi penyegaran dalam presentasi.

"Saya itu product manager, jadi saya sering presentasi pakai humor itu supaya tidak tegang," kata Yoyok seperti dilansir dari Liputan6.com.

Ditanya mengapa menggunakan nama Mukidi, Yoyok mengaku nama Mukidi sangat mudah diingat. "Ini tak ubahnya nama Kabayan, Wakijan, Samijan dan sebagainya. Nama-nama yang menyimbolkan rakyat kecil dan mudah diingat," ujarnya.

Yoyok memastikan jika sosok Mukidi bukanlah penggambaran dirinya, juga bukan tokoh di dunia nyata yang menyiratkan satu orang. Mukidi adalah Mukidi, tokoh fiksi rekaannya.

Kadang Mukidi digambarkan sang penulis sebagai orang Jakarta, kadang orang Jawa, kadang orang Madura. Mukidi juga kadang diceritakan berasal dari Cilacap. 

Memiliki tipikal orang yang biasa saja, tidak terlalu alim, mudah akrab dengan siapa saja. 

Mukidi memiliki istri bernama Markonah dengan dua anak, yaitu Mukirin dan Mukiran yang masih duduk di bangku SD. Sahabatnya adalah Wakijan

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews