Anggota Polres Meranti Tembak Mati Penikam Polisi? Ini Kata Kapolri

Anggota Polres Meranti Tembak Mati Penikam Polisi? Ini Kata Kapolri

Kapolri Tito Karnavian (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Pelaku penikaman terhadap anggota Polres Meranti, honorer Dispenda Pemkab Meranti, Apri Adi Pratama (24), diketahui tewas usai ditangkap oleh anggota Polres Meranti. 

Hal itu memicu kemarahan warga dan terjadi bentrok antara polisi dan warga Meranti. Saat kejadian itu seorang warga ikut tewas ditembak.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan tidak akan segan menindak anggotanya yang terbukti melakukan pelanggaran terkait peristiwa itu. 

"Saya tidak akan segan-segan untuk meminta kepada anggota yang bersangkutan diproses hukum baik secara internal maupun secara proses pidana," kata Tito di Kompleks Mabes Polri, Jumat (26/8/2016).

"Ini berati melanggar commander wish saya yakni idak boleh melakukan tindakan eksesif, tindakan kekerasan yang berlebihan. Apalagi kepada tersangka yang sudah menyerah yang sudah dikuasai," ujar Tito. 

Apri sendiri merupakan pelaku pembunuhan Brigadir Adil S Tambunan, anggota Polres Meranti. Saat ditangkap, Apri diduga melakukan perlawanan kepada anggota. 

Akhirnya dia ditembak di bagian kaki. Namun, ketika perjalanan ke rumah sakit nyawanya sudah tidak tertolong lagi. 

Tito belum bisa memastikan apakah memang ada perlawanan dari Apri sehingga petugas harus melumpuhkannya melalui tembakan. Hal inilah yang akan didalami oleh internal Polri. 

"Kalau seandainya betul ada perlawanan (dari tersangka) dan dikuatkan dengan hasil visum, harus dijelaskan kepada publik. Namun, kita belum tahu apakah terjadi tindakan overmacht (menindak karena keadaan memaksa," katanya.

 

[snw]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews