Jenderal Top Turki Ditangkap Saat Kabur ke Yunani

 Jenderal Top Turki Ditangkap Saat Kabur ke Yunani

Polisi menangkap tentara yang ikut kudeta militer di Turki. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Ankara - Jenderal Erdal Ozturk, pejabat militer top di Turki ditangkap lantaran terlibat kudeta militer Turki pada Jumat lalu. Ia ditangkap setelah mencoba kabur ke Yunani.

Jenderal Turki ini terancam hukuman mati setelah Pemerintah Turki mempertimbangkan untuk menghidupkan kembali hukuman mati di negara itu.

Jenderal Ozturk dan para komplotannya semula dilaporkan melarikan diri ke Yunani dengan helikopter untuk menghindari dakwaan. Namun, mereka ditangkap di Yunani karena masuk secara ilegal dan telah dibawa ke Ankara. Jenderal Erdal Ozturk sejatinya seorang jenderal yang memimpin tiga korps militer Turki.

Ketika upaya kudeta berlangsung, para anak buah Ozturk berupaya menduduki lokasi-lokasi strategis di seluruh Istanbul pada Jumat malam namun dilawan ribuan warga sipil tak bersenjata.

Setidaknya ada dua jenderal dan sekitar 2.900 tentara Turki yang telah ditangkap setelah kudeta militer terhadap Pemerintah Presiden Tayyip Erdogan gagal.

Presiden Erdogan telah menegaskan bahwa semua pihak yang terlibat kudeta akan dihukum setimpal. ”Mereka akan membayar harga yang mahal karena pengkhianatan mereka,” katanya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews