Bulan Puasa, Ini Cara Pemain Muslim Tetap Tampil di Piala Eropa

Bulan Puasa, Ini Cara Pemain Muslim Tetap Tampil di Piala Eropa

Mesut Ozil, salah satu pemain Muslim di skuat Jerman. (foto: skysports)

BATAMNEWS.CO.ID, Paris - Piala Eropa 2016 berbarengan dengan momen umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Muncul banyak pertanyaan bagaimana para pemain tersebut berpuasa, sedangkan mereka tetap berlatih dan bermain sepak bola.

Tidak sedikit pesepak bola beragama Islam yang memilih tetap tampil di Piala Eropa 2016 meski di bulan Ramadhan. Bahkan, nama-nama pemain tersebut tidak asing di telinga kita, karena mereka bermain untuk klub-klub besar Eropa.  

Turki menjadi negara yang paling banyak pemain muslim di skuat mereka, mengingat negara itu mayoritas penduduknya beragama Islam.

Selain itu, Timnas Prancis juga memiliki cukup banyak pemain muslim, yaitu Bacary Sagna, Adil Rami, Paul Pogba, N Golo Kante, dan Moussa Sissoko. Di skuat Jerman, terdapat Emre Can, Shkodran Mustafi, Sami Khedira, dan Mesut Ozil yang beragama Islam.

Banyak juga sederet nama-nama pemain muslim tenar lain yang ambil bagian di Piala Eropa 2016. Marouane Fellaini, Stephan El Shaarawy, serta Xherdan Shaqiri masuk daftar itu. Lalu, bagaimana mengatur antara sepak bola dengan kewajiban berpuasa di bulan Ramadan.

Apakah ada konflik dalam diri para pemain tersebut, antara harus mengikuti ajaran agama untuk berpuasa atau bersikap profesional, tentu hal itu sangat berat. Lalu, bagaimana sikap pelatih atau rekan-rekan setim para pemain muslim, melihat situasi tersebut.

Setiap muslim dewasa yang sehat diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadan. Jika Anda dalam perjalanan atau tidak dalam kondisi sehat, muslim bisa mengganti puasanya di hari lain.

Seperti dilansir BBC, ada pemain muslim yang tetap berpuasa saat Piala Eropa 2016 berlangsung. Namun, lebih banyak yang memilih menggantinya setelah turnamen itu digelar, dan dispensasi menunda puasa tersebut salah satunya dilakukan Ozil, yang sebelumnya telah melakukan pengumuman.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews