Selamat Berpuasa, Inilah Manfaat dan Hikmah Puasa Ramadhan

Selamat Berpuasa, Inilah Manfaat dan Hikmah Puasa Ramadhan

Bulan Suci Ramadhan 1437 H/2016 telah tiba. Umat Islam di seluruh dunia bersuka cita menyambut bulan yang dimuliakan ini.

Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dalam menjalan puasa di bulan Ramadhan. Sebagian diantaranya:

Mempererat silaturahmi dan peduli sesama
Persaudaraan sesama muslim akan tampak jelas jika berada di bulan Ramadhan. Umat Islam akan saling menyapa dan meminta maaf. Bersedekah dan membagikan tajil di masjid. Salat bersama di masjid, memberi ilmu Islam dan banyak ilmu Islam di setiap ceramah dan diskusi keagamaan yang dilaksanakan di masjid.

Berlatih jujur
Puasa Ramadhan akan sempurna dan tidak sia-sia apabila selain menahan lapar dan haus juga kita menghindari keharaman mata, telinga, perkataan dan perbuatan. Latihan ini menimbulkan kemajuan positif bagi kita jika di luar bulan Ramadhan kita juga dapat menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan dosa seperti bergunjing, berkata kotor, berbohong, memandang yang dapat menimbulkan dosa, dan lain sebagainya.
    
Berlatih sabar
Dalam Puasa di bulan Ramadhan kita dibiasakan menahan yang tidak baik dilakukan. Misalnya marah-marah, berburuk sangka, dan bergunjing. Kita juga dilatih untuk menahan diri dan emosi jika mendapat perlakuan tidak baik tersebut.

Melatih hidup sederhana
Ketika waktu berbuka puasa tiba, dianjurkan minum dan makan sedikit saja. Kita diajarkan merasakan nikmatnya makanan yang sedikit tersebut, pikiran kita untuk makan banyak dan bermacam-macam sebetulnya hanya hawa nafsu saja.

Melatih bersyukur
Dengan memakan hanya ada saat berbuka, kita menjadi lebih mensyukuri nikmat yang kita miliki saat tidak berpuasa. Sehingga kita dapat menjadi pribadi yang lebih mensyukuri nikmat.

Senegap kru Batamnews.co.id mengucapkan selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1437 H/2016. Semoga ibadah yang dilakukan bisa bermanfaat dan membawa kebaikan.


Indrawan
Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews