Susno Duadji Kini Bertani di Sawah, Langsung Kritik Pemerintah

Susno Duadji Kini Bertani di Sawah, Langsung Kritik Pemerintah

Susno Duadji di sawahnya. (foto: ist/facebook)

BATAMNEWS.CO.ID, Palembang - Mantan Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal (Purn) Susno Duadji kembali muncul ke publik dengan profesi barunya. Ia kini menjadi petani.

Di dinding Facebook pribadinya, Susno mengunggah beberapa foto dirinya tengah memanggul pacul di sisi hamparan sawah menghijau. Susno memberi tajuk foto-fotonya itu dengan "True My Problem".

"Sejak purna tugas saya lebih banyak di kampung halaman bertani ngerjakan lahan warisan orang tua; kebun, sawah, dan pekarangan, sedikit kolam ikan," tulis Susno, Selasa (24/05/2016).

"Sawah ini adalah warisan org tua saya yang juga petani, luasnya tidak seberapa. Sekarang saya garap sendiri, benaran loh !!!," tegasnya.

Dalam statusnya, Susno juga menyampaikan kritik kepada pemerintah yang belum berpihak kepada petani. Terutama rendahnya nilai jual gabah maupun beras dari petani. Tidak sebanding dengan ongkos produksi petani yang melangit, jauh panggang dari api dengan penghasilan yang diperoleh.

"Persoalan yang kami hadapi, khususnya untuk petani padi adalah murahnya harga beras/gabah saat di musim panen sehingga biaya produksi; ongkos garap, pupuk, obat-obatan, benih tidak sebanding dengan uang yang didapat dari hasil jual beras/gabah," tulis pria kelahiran Pagar Alam, Sumatera Selatan 61 tahun lalu itu.

"Bukan subsidi yg kami harap, tapi harga beras dan gabah yg hrs sebanding dng ongkos produksi. Import beras, mekanisme pasar beras / gabah mungkin perlu diperbaiki agar memihak rakyat kecil," kritiknya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews