Ini Tips agar Motor Aman dari Incaran Pencuri

Ini Tips agar Motor Aman dari Incaran Pencuri

Ilustrasi

Batam - Aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) makin marak. Meski pengendara merasa aman memarkir kendaraannya namun ada saja cara yang dilakukan pelaku menggasak sepeda motor incarannya.

Adapaun cara atau modus operandi yang digunakan pelaku curanmor, yakni menggunakan kunci letter T untuk menyalakan paksa mesin motor, mengangkut motor ke dalam mobil boks atau truk, atau merusak kunci-kunci keamanan yang ada dengan trik tertentu.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips aman agar kendaraan Anda aman dari incaran pelaku.

1. Usahakan memarkir motor di tempat parkir profesional dengan
tingkat pengawasan dan keamanan yang tinggi. Kalau bisa pilih parkir yang selalu memeriksa STNK ketika akan meninggalkan tempat parkir, ada tiket parkir, ada kamera pengawas cctv, dan ada petugas keamanan yang menjaga parkir.

2. Berikan tambahan kunci pengaman pada motor, di antaranya kunci roda,
kunci setang rahasia, alarm, gembok, rantai, kunci disc cakram, dan
lain sebagainya. Pilih satu, atau dua di antara kunci pengaman itu.

3. Bila memarkir kendaraan di depan rumah, ada baiknya Anda memantau kondisi sekitar rumah. Parkirlah di tempat yang terlihat dari pintu atau jendela rumah/kamar.

4. Hati-hati dengan mobil boks atau pickup yang mondar mandir di sekitar rumah atau kos Anda.

5. Motor yang terlihat bagus, baru, dan berdaya jual tinggi dengan sistem
pengamanan yang kurang sangat disukai pelaku curanmor. Maka itu, pastikan kunci pengaman motor Anda sudah terpasang dengan baik.

6. Membina hubungan baik dengan petugas parkir dan tetangga agar bisa saling mengingatkan untuk menjaga lingkungan perumahan Anda.

 

[isk]

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews