Sebelum Kecewa, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Smartphone

Sebelum Kecewa, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Smartphone

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Punya ponsel pintar atau smartphone baru memang asyik. Kita bisa bikin apa saja mulai dari selfie bahkan bikin film.

Namun, ada harus ada hal-hal yang diperhatikan sebelum membeli smartphone. Misalnya saja, seperti dikutip dari Popular-World, pas beli smartphone tertentu kita juga ditawarkan gawai lain yang kelihatannya oke sebagai pelengkap. Jam tangan pintar salah satunya!

Kalau bicara gawai pelengkap, jam tangan Apple memang menggiurkan dengan desainnya. Tapi kembali lagi, gawai pelengkap belum tentu efisien dipakai. Yah, namanya juga pelengkap, jadi bukan yang utama. So, ada atau gak ada, yang tetap pas dimiliki dan digunakan adalah gawai utamanya.

Balik lagi ke smartphone Android, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin beli keluaran terbarunya.

Android versi lama

Ini penting! Pas beli ponsel Android terbaru, perhatikan apakah sistem operasi (OS) yang melekat di dalam adalah benar-benar versi terbaru atau bukan. Karena versi terbaru akan menyajikan fitur-fitur terbaru yang lebih canggih dan kekurangan OS lama akan dilengkapi lebih komplit dengan OS terbaru.

Gawai murah dari brand baru

Penggemar berat brand-brand smartphone terkenal seperti Samsung, Sony, HTC dan LG? Selain punya smartphone high end, mereka memang punya deretan varian versi low end – yang tentu lebih murah dan sederhana. Jika masih tertarik dengan versi low end, hati-hati!

Harga smartphone low end dari brand terkenal biasanya cenderung lebih mahal dibanding dengan spek yang mereka tawarkan. Karena biasanya, ada smartphone murah dan punya spek yang sama. Perhatikan: kapasitas memori RAM dan konek sinyal – apakah 3G atau sudah 4G.

Ponsel unggulan yang sudah harus di update

Jika tertarik dengan Android kelas tinggi, ngak berarti kita jadi terima saja dengan kondisinya. Kondisinya begini: jika ingin beli smartphone baru tapi ternyata brand yang sama sebentar lagi akan merilis smartphone versi paling terbaru mereka, lebih baik tunggu saja versi terbaru dirilis. Dengan begitu kita akan dapat spek terbaru mereka dengan oke, terutama fitur-fitur paling mutakhir mereka.

Tablet ber-OS marshmallow

Hati-hati jika ingin beli tablet Android. Contoh kasus, dirilisnya Pixel C sebagai tablet Android pertama milik Google harusnya bikin gembira penggemar Android. Tapi nyatanya tidak. Google malah mengeluarkan OS baru, Android N, yang terbilang terlambat karena OS ini seharusnya membuat tablet tersebut berjalan dengan mantap!

Intinya, Android belum mendukung tampilan fitur khusus tablet. Jadi kebanyakan aplikasi tidak bisa optimal untuk ukuran layar tablet yang besar.

Gawai yang belum pernah dicermati

Jangan beli gawai dengan kondisi seperti ini. Ini jurus kebalikan dari “Pecah berarti membeli” – jadi sebelum membeli, cermati dan selidiki dulu kekuatan dan kelemahan gawai yang ditaksir. Jangan sampai, gawainya sudah dibeli tapi pas "pecah" kita gak siap dan komplain maksimal ke layanan pelanggan. Jika kita tahu gawai apa yang kita cari dan seberapa sanggup bujet untuk membelinya, kita pasti akan mendapat smartphone dengan spek yang tepat dan berkualitas.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews