Wow! Peringkat Militer Indonesia Masih di Atas 5 Negara Ini

Wow! Peringkat Militer Indonesia Masih di Atas 5 Negara Ini

Militer Indonesia. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Militer Indonesia ternyata diakui oleh dunia sebagai salah satu kekuatan yang besar. Berdasarkan indeks yang dibuat Global Fire Power, Indonesia menempati peringkat 12 dari 126 negara tahun 2015 lalu.

Berkaca dari masa lalu, sama sekali tidak menyangka Indonesia yang pernah jadi bulan-bulanan penjajah justru menjadi hebat sekarang. Sebaliknya, banyak negara-negara yang menggila di masa lalu, jadi melempem sekarang ini. Bukan tidak mungkin di tahun 2016 ini, peringkat Indonesia naik karena pembelian sejumlah baru dan modern.

Simak ulasannya berikut.

1. Korea Utara

Korea Utara mungkin hanya negara kecil, namun nyali mereka sungguh besar. Hampir tidak ada negara yang berani macam-macam dengan Korut, bahkan termasuk Amerika. Nuklir dan kenekatan mereka jadi alasannya. Padahal kalau dilihat dari kekuatan total militernya, Korut sangatlah biasa. Dibandingkan dengan Indonesia pun sangat jauh.


Indonesia saat ini berada di peringkat 12 dunia, sedangkan Korut 36. Korut mungkin melimpah jumlah tentaranya, namun dari sisi alutsista mereka lemah. Namun, Korut punya nuklir.

2. Iran

Militer Iran sama sekali tidak boleh dipandang sebelah mata. Meskipun negara ini tidak begitu besar, tapi mereka punya kelengkapan militer yang oke. Bahkan memiliki nuklir pula. Makanya, dengan segala kehebatan ini, negara tetangga Irak itu berani menantang Israel yang notabene adalah peringkat 11 dunia di ranah militer.

Lalu, bagaimana jika dibandingkan dengan Indonesia? Soal alutsista ternyata Iran lebih menggila dari kita. Tank, pesawat, kapal, mereka punya lebih banyak dari kita. Namun, kenapa mereka bisa ada di peringkat 23 sedangkan kita di 12? Menurut Global Fire Power, Indonesia lebih unggul soal daya beli. Iran punya budget sekitar $ 1,3 triliun sedangkan Indonesia $ 2,6 triliun.

3. Arab Saudi

Kalau dilihat dari indeks kemakmuran, Arab Saudi jelas mengalahkan Indonesia. Namun, bicara militer, Indonesia menang telak dengan negara satu ini. Dilihat dari daftarnya Arab Saudi hanya menempati peringkat 28 dunia. Sebenarnya apa yang membuat negara ini kalah dari Indonesia?

Kalau dilihat dari jumlah alutsistanya, khususnya darat dan udara, Arab Saudi menang telak. Misalnya tank, kita hanya memiliki sekitar 468 unit sedangkan mereka 5.472 buah. Pesawat tempur pun begitu, Arab Saudi memiliki sekitar 245 buah dan kita hanya sekitar 35 saja. Ternyata, yang membuat Indonesia unggul adalah jumlah personil kita yang lebih banyak serta kekuatan kelautan yang lebih mumpuni.

4. Australia

Memang jarang didengar kiprah Australia di dunia militer. Meskipun begitu, negara-negara di dunia mewanti-wanti dirinya untuk tidak cari masalah dengan negeri kangguru. Ya, diam-diam negara satu ini membangun militernya dengan apik hingga akhirnya menempatkan mereka di peringkat 13 dunia. Persis satu peringkat di bawah Indonesia.

Kalau dikomparasikan dengan Indonesia, kekuatan militer Australia juga sama hebatnya. Namun dalam beberapa hal Indonesia lebih unggul misalnya jumlah tank serta personil. Australia unggul di jumlah pesawat tempur mereka serta kekuatan kelautan yang sedikit lebih hebat.

5. Belanda

Beda dulu beda sekarang. Kalau di masa lalu Belanda adalah salah satu pemilik militer paling kuat di dunia, namun di masa sekarang mereka terpuruk. Dibandingkan dengan Indonesia, negara yang pernah diinjak-injaknya 350 tahun, Belanda kalah sangat telak dengan berada di posisi 37 dunia.


Dalam segi apa pun Belanda kalah dari Indonesia. Jumlah personil, alutsista dan lainnya. Bahkan negara satu ini juga masih terlilit hutang luar negeri yang sangat banyak, bahkan diperkirakan Belanda mungkin akan mengalami krisis seperti yang pernah terjadi di Yunani.

Berikut urutan peringkat militer versi Global Fire Power 2015:

1. USA               
2. Rusia                              
3. China      
4. India                     
 5. Inggris                    
6. Prancis                 
7. Korsel                   
8. Jerman            
9. Jepang          
10. Turki                   
11. Israel                    
12. Indonesia            
13. Australia            
14. Canada         
15. Taiwan              
16. Italia            
17. Pakistan             
18. Mesir                   
19. Polandia            
20. Thailand             

Sumber: boombastis

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews