BPJS Kesehatan Batam Tambah Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan, Ini Lokasinya

BPJS Kesehatan Batam Tambah Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan, Ini Lokasinya

Pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan. (foto: ist/batamnews)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - BPJS Kesehatan Cabang Utama Batam menandatangani Perjanjian Kerjasama fasilitas kesehatan tingkat lanjutan dengan beberapa rumah sakit dan klinik, pada 29 Maret 2016 lalu. Penambahan ini untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kartu Indonesia Sehat (KIS) di wilayah Kota Batam.

Fasilitas kesehatan tingkat lanjutan yakni RS Graha Hermine, Klinik Utama Asih, Klinik Utama Dunia Medical Centre dan Klinik Utama Sano Medika.

Terhitung mulai tanggal 1 April 2016 Rumah Sakit dan Klinik Utama tersebut dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta program JKN-KIS.

"Sebelumnya BPJS Kesehatan Cabang Utama Batam telah bekerjasama dengan 9 rumah sakit yang ada di Kota Batam," ujar Kepala Humas BPJS Kesehatan Irvan, rilis yang diterima Batamnews.co.id.

Irvan mengatakan, penambahan ini dilakukan seiring pertumbuhan peserta di Kota Batam yang terus bertambah setiap bulannya. Sehingga kebutuhan layanan kesehatan pun semakin meningkat.

"Peserta JKN-KIS di Kota Batam hingga saat ini telah mencapai 65 persen dari total penduduk Kota Batam lebih kurang sebanyak 1,2 juta jiwa," paparnya.

Ia menjelaskan, RS Graha Hermine berada di daerah Kecamatan Batuaji dan Kecamatan Sagulung, RS tersebut memiliki pelayanan medik dasar dan spesialistik yang cukup lengkap serta critical/intensive care yang memadai.

Sambungnya, untuk Klinik Utama sendiri berbeda dengan Klinik Pratama/Puskesmas, perbedaannya adalah jika pada klinik pratama hanya terdapat pelayanan medik dasar. Sementara Klinik Utama memiliki pelayanan medik spesialistik sehingga Klinik Utama memang dikategorikan sebagai Faskes Rujukan.

"Semua klinik utama yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Utama Batam memiliki lebih dari satu pelayanan medik spesialistik, fasilitas laboratorium dan rawat inap," jelasnya.

Ia melanjutkan, Klinik Utama Dunia Medical Centre berada di daerah Tanjunguncang, Kecamatan Batu Aji dan Klinik Utama Sano Medika berada di Sagulung. Kedua Klinik Utama ini tentunya akan memudahkan peserta yang tinggal di daerah Batuaji dan Sagulung untuk mengakses pelayanan.

"Jumlah peserta di kedua kecamatan ini merupakan yang terbanyak dibandingkan kecamatan lainnya," papar Irvan.

Klinik Utama Dunia Medical memiliki Poli Spesialis Penyakit Dalam, Poli Obsgyn, dan Poli Anak. Sementara Klinik Utama Sano Medika memiliki Poli Anak, Poli Internis, dan Poli Paru. Klinik Utama Asih berada di daerah Tiban Kecamatan Sekupang.

Selama ini akses pelayanan rujukan di daerah tersebut adalah RS Otorita Batam dan RS Awal Bros yang keduanya merupakan RS Kelas B. Klinik Utama Asih memiliki Poli Spesialis Obsgyn, Poli Anak, dan Poli Bedah.

"Dengan bergabungnya Klinik Utama Asih tentu akan meningkatkan akses pelayanan peserta dikarenakan lokasinya yang berada di kawasan padat penduduk," ucap Irvan.

Selain itu, ia menambahkan, hal tersebut dapat mendukung pelaksanaan rujukan berjenjang khususnya di Kecamatan Sekupang dan sekitarnya. Diharapkan dengan penambahan rumah sakit dan klinik utama ini layanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS di Kota Batam akan lebih optimal.

(isk/rilis)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews