Tour de Bintan Kembali Digelar, Ini Jadwalnya

Tour de Bintan Kembali Digelar, Ini Jadwalnya

Tour de Bintan beberapa waktu lalu. (Foto: Kepri.Travel)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Setelah sempat absen pada tahun 2015 yang disebabkan karena asap. Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau kembali menggelar Event Tour de Bintan yang akan dilaksanakan di Pulau Bintan, 1 - 3 April 2016.

Tour de Bintan pada 2016 nanti menghadirkan pengendara sepeda dari 40 negara dan lebih dari 70 tim balap sepeda dan komunitas dari Singapura, Hong Kong, Australia, Malaysia, Indonesia dan seluruh Asia.

Ajang ini merupakan salah satu ajang perlombaan sepeda internasional. Saat ini sebanyak 800 orang peserta sudah mendaftar dalam ajang bergengsi ini, dimana Singapura mendominasi 30% dari total jumlah peserta, Inggris 19% dan Australia 12% sedangkan Indonesia sendiri hanya menyumbang sekitar 6%. Sisanya berasal dari berbagai negara di belahan dunia, antara lain Amerika, Kanada, Jerman, Jepang, Perancis dan New Zealand.

"Kami mendukung penyelenggaraan Tour de Bintan dan berharap agar ajang ini dapat mendatangkan wisatawan dari berbagai negara terutama peserta lomba," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya saat jumpa pers Tour de Bintan 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, seperti dilansir laman kemenpar.go.id, Selasa, 22 Maret 2016.

Sambung Arief, melihat pesertanya dan kesuksesan acara sebelumnya, ia optimis bahwa acara ini akan mencapai target terutama dalam hal jumlah kunjungan.

"Penyelenggaraan sport tourism bertaraf internasional ini, juga akan memberikan direct impact dan media value yang tinggi. TdB tahun ini akan mendatangkan sekitar 2.500 peserta dan devisa yang kita peroleh sekitar US$ 2,75 juta” kata Arief Yahya.

Lebih lanjut, Arief menjelaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan seperti ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang menetapkan Batam, Provinsi Kepulauan Riau sebagai wilayah yang menjadi prioritas dalam pengembangan kawasan wisata dengan sebutan “Great Batam”, untuk memacu kunjungan wisman.

Melalui Great Batam diharapkan dapat menyerap kunjungan wisman sebanyak 2,5 juta wisman di tahun 2016.

“Tour de Bintan diharapkan menjadi even yang menarik guna mempromosikan minat khusus seperti wisata olahraga rekreasi, di tempat yang juga menarik sebagai destinasi wisata.

Sembari olah raga bersepeda selama dua hari pembalap akan melintasi bukit, hutan dan pantai yang indah. Destinasi dengan fasilitas yang memadai dan event bertaraf internasional diharapkan akan meningkatkan kualitas wisatawan yang berkunjung ke Bintan,” jelasnya.

sumber: Kemenpar.go.id

 

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews