Tips Mengolah Daging Kambing Tanpa Bau Prengus untuk Idul Adha

Tips Mengolah Daging Kambing Tanpa Bau Prengus untuk Idul Adha

Daging kambing. (Foto: Putri/Batamnews)

Batam, Batamnews - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, banyak masyarakat Batam yang mempersiapkan resep khas daging kambing. Kambing, sebagai salah satu hewan kurban populer di Indonesia, seringkali menantang untuk diolah karena aroma khas yang dimilikinya. 

Namun, beberapa tips berikut ini dapat membantu Anda mengolah daging kambing agar lebih nikmat dan bebas dari bau prengus yang mengganggu.

1. Kurangi Lemak
Lemak pada daging kambing cenderung memberikan aroma yang kuat. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memotong lemak dengan teliti menggunakan pisau yang tajam sebelum proses memasak.

Baca juga: Tips Praktis Mengolah Daging Qurban dengan Baik dan Benar

2. Rendam dengan Jeruk Nipis atau Lemon
Menggunakan jeruk nipis atau lemon tidak hanya menghilangkan bau, tetapi juga membuat daging lebih empuk. Rendam daging dalam air perasan jeruk selama 15-30 menit sebelum memasak.

3. Manfaatkan Rempah-rempah
Rempah seperti jahe, kunyit, lengkuas, daun jeruk, dan serai tidak hanya memperkaya rasa, tapi juga efektif mengurangi bau prengus. Lumuri daging dengan rempah-rempah ini atau masukkan saat memasak.

4. Gunakan Daun Pepaya atau Nanas
Daun pepaya dan nanas mengandung enzim yang dapat melunakkan daging serta menghilangkan bau. Bungkus daging dengan daun pepaya atau lumuri dengan parutan nanas sebelum dimasak.

5. Rebus dengan Air Kelapa
Air kelapa adalah bahan alami yang bisa menetralisir bau dan menambah kelezatan daging. Cobalah merebus daging kambing dengan air kelapa selama 20-30 menit sebelum diolah lebih lanjut.

Baca juga: Daging Entok, Kelezatan Istimewa yang Menggoyang Lidah di Batam

6. Marinasi dengan Yogurt
Yogurt memiliki asam laktat yang membantu melunakkan daging dan mengurangi bau. Marinasi daging kambing dengan yogurt beberapa jam atau semalam di kulkas sebelum dimasak.

7. Perhatikan Waktu Memasak
Memasak daging kambing terlalu lama bisa meningkatkan intensitas bau prengus. Pastikan untuk memasaknya dalam waktu yang tepat, sesuai dengan jenis masakan yang diinginkan.

Dengan mempraktikkan tips di atas, Anda bisa menikmati daging kambing yang lezat tanpa terganggu oleh bau yang tidak sedap. Selamat mencoba dan menikmati kelezatan daging kambing di Hari Raya Idul Adha ini!

Penulis: Putri Roito Sitorus


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews