Tips Praktis Mengolah Daging Qurban dengan Baik dan Benar

Tips Praktis Mengolah Daging Qurban dengan Baik dan Benar

Daging sapi yang dijual di pasaran. (Foto: Aisyah/Batamnews)

Batam, Batamnews - Idul Adha merupakan momen penting bagi umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, dimana ritual penyembelihan hewan qurban menjadi fokus utama. Pentingnya pengolahan daging qurban dengan tepat adalah kunci agar daging tetap berkualitas dan aman untuk dikonsumsi. 

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mengolah daging qurban dengan benar:

1. Penyembelihan Sesuai Syariat

Pastikan hewan qurban disembelih sesuai dengan syariat Islam, yang mencakup penggunaan alat yang tajam dan penyebutan nama Allah. Ini tidak hanya memenuhi kriteria kehalalan tetapi juga mempengaruhi kualitas daging.

2. Penanganan Daging Pasca Penyembelihan

Setelah penyembelihan, segera lakukan penanganan daging dengan memisahkan daging, jeroan, dan kulit menggunakan alat yang bersih dan steril.

Baca juga: Pawai Takbir Idul Adha 1445 Hijriah di Tanjungpinang Berlangsung Meriah

3. Pencucian Daging

Bilas daging dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan darah yang menempel. Hindari merendam daging terlalu lama dalam air untuk mempertahankan kualitasnya.

4. Penyimpanan yang Tepat

Jika daging tidak langsung dimasak, simpan di dalam kulkas atau freezer. Untuk penyimpanan jangka panjang, daging harus disimpan pada suhu di bawah -18 derajat Celsius dalam wadah tertutup atau plastik kedap udara.

5. Pemotongan Daging

Potong daging sesuai dengan kebutuhan masakan. Gunakan pisau yang tajam dan bersih untuk memotong agar tidak merusak serat daging.

6. Pilih Teknik Memasak yang Sesuai

  • Panggang: Cocok untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk dan rasa yang khas.
  • Rebus: Ideal untuk membuat sup atau gulai, menghasilkan kuah yang lezat.
  • Goreng: Tepat untuk menciptakan tekstur renyah di bagian luar daging.

Baca juga: Rumah Mewah di Southlink Batam Hangus Terbakar, Damkar Kerahkan 4 Mobil

7. Marinasi dengan Bumbu Alami

Marinasi daging dengan bumbu alami seperti bawang putih, ketumbar, kunyit, dan jahe untuk menambah cita rasa sebelum memasak.

8. Kebersihan Selama Proses Memasak

Pastikan semua peralatan masak bersih dan daging dimasak hingga matang sempurna untuk menghindari risiko penyakit dari daging mentah.

Dengan mengikuti tips ini, daging qurban tidak hanya lezat saat disajikan tetapi juga sehat dan aman dikonsumsi. Selamat mempraktikkan dan semoga Idul Adha Anda penuh dengan keberkahan dan kegembiraan.

Penulis: Aisyah


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews