Gonggong, Kelezatan Kuliner Unik dari Kepulauan Riau yang Memikat Lidah

Gonggong, Kelezatan Kuliner Unik dari Kepulauan Riau yang Memikat Lidah

Gonggong. (Foto: Mutiara/Batamnews)

Batam, Batamnews - Di antara kekayaan kuliner Indonesia, Kepulauan Riau (Kepri) menawarkan salah satu hidangan laut paling unik dan memikat, yaitu gonggong. Hidangan ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal tetapi juga telah menarik perhatian para wisatawan dari berbagai daerah yang berkunjung ke Kepri.

Gonggong, siput laut yang memiliki cangkang spiral berwarna khas, adalah jenis seafood yang banyak ditemukan di perairan dangkal sekitar Kepulauan Riau. Hewan ini bergizi tinggi dan menjadi favorit bagi para pecinta seafood berkat tekstur dagingnya yang kenyal serta rasa yang gurih manis.

Proses Pengolahan Gonggong

Mengolah gonggong terbilang sederhana namun membutuhkan ketelitian untuk mempertahankan kualitas rasanya. Umumnya, gonggong direbus dalam air yang telah diberi garam dan rempah-rempah seperti daun jeruk atau serai untuk menambah aroma. Proses perebusan berlangsung selama 20-30 menit hingga cangkangnya terbuka.

Baca juga: Keunggulan dan Manfaat Kesehatan dari Sirup Buah Pala

Cara Menyajikan Gonggong

Setelah matang, gonggong biasanya disajikan dengan sambal khas yang pedas dan asam. Sambal ini dibuat dari campuran cabai, bawang merah, bawang putih, dan air jeruk nipis yang memberikan sensasi rasa yang kaya.

Mengapa Anda Harus Mencoba Gonggong?

1. Keunikan: Gonggong menawarkan pengalaman kuliner yang berbeda dan jarang ditemukan di luar Kepulauan Riau, menjadikannya spesial.
2. Kaya Rasa: Kombinasi rasa gurih dari laut, manis alami, dan pedas dari sambal menciptakan harmoni rasa yang lezat.
3. Kandungan Nutrisi: Gonggong kaya akan protein dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan, menjadikannya pilihan makanan yang baik untuk semua usia.

Baca juga: Kue Talam, Nikmatnya Warisan Kuliner Indonesia yang Kaya Akan Nutrisi

Gonggong telah menjadi salah satu simbol kuliner Kepulauan Riau yang paling dihargai. Keunikan rasa dan teksturnya, ditambah dengan cara penyajian yang sederhana namun penuh cita rasa, menjadikan gonggong salah satu daya tarik kuliner yang harus Anda coba saat berkunjung ke Kepri.

Bagi para pecinta kuliner, mencicipi gonggong tidak hanya sekadar makan, tetapi juga sebuah pengalaman yang menghubungkan Anda dengan kekayaan alam dan budaya dari Kepulauan Riau.

Penulis: Mutiara Prastika


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews