Pemkab Lingga Buka Akses Jalan Darat Menuju Desa Mentuda, Tahun Ini Tembus ke Mentengah

Pemkab Lingga Buka Akses Jalan Darat Menuju Desa Mentuda, Tahun Ini Tembus ke Mentengah

Pemkab Lingga melalui Dinas PUTR akan membuka akses jalan darat menuju Desa Mentuda. (Foto: dok.Batamnews)

Lingga, Batamnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) akan membuka akses jalan darat menuju Desa Mentuda, Kecamatan Lingga. Langkah ini diambil untuk meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas desa tersebut dengan daerah sekitarnya.

Kepala Dinas PUTR Lingga, melalui Kepala Bidang (Kabid) Binamarga Jeki Amanda, menyatakan bahwa pembangunan jalan menuju Desa Mentuda untuk tahap I tahun 2024 ini akan melanjutkan jalan lama yang telah dibuka sebelumnya di arah jalur menuju Sungai Tenam. 

"Jadi kita lanjutkan mulai dari jalan yang sebelumnya pernah dibuka di arah Sei Tenam itu," kata Jeki kepada batamnews.co.id, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Impian Warga Desa Linau di Lingga Nikmati Jalan Mulus Segera Terwujud, Pemkab Lingga Bangun Bertahap

Tahap pertama pembangunan ini akan fokus pada pembukaan jalan dengan anggaran yang dikucurkan sebesar Rp1 miliar lebih. 

"Kita pembukaan jalan. Kita sampai ke Mentengah untuk tahun ini pembukaannya, sekitar 4 km. Nanti kita akan lakukan bertahap dari Mentengah lanjut ke Jelutung dan baru ke Mentuda. Nantinya perkampungan yang ada di wilayah Desa Mentuda itu bakal terkoneksi," jelas Jeki.

Jeki menjelaskan, jarak dari Mentengah menuju Mentuda sekitar 9 km. "Dari Mentengah ke Mentuda lebih kurang sekitar 9 km. Kalau jalan ini nanti sudah terbuka, maka beberapa kampung akan terbuka juga aksesnya," tambahnya.

Baca juga: Disdik Lingga Akan Bangun Sejumlah Ruang Kelas Baru di 10 SD-SMP, Tersebar dari Senayang hingga Singkep

Desa Mentuda merupakan salah satu desa yang masih satu daratan dengan ibu kota Kabupaten Lingga, Daik. Namun, karena letak geografisnya yang berada di belakang dan tepat di kaki Gunung Daik, pembangunan jalan darat ke desa tersebut selama ini terkendala. 

"Kalau untuk permasalahan hutan lindung, untuk jalan ini sudah selesai. Makanya kita bisa bangun di jalur itu," pungkas Jeki.

Pembukaan akses jalan ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat, memperlancar distribusi barang dan jasa, serta mendorong perkembangan ekonomi di Desa Mentuda dan sekitarnya. Pemkab Lingga optimis, dengan terbukanya akses jalan darat, kehidupan masyarakat desa akan semakin sejahtera dan berkembang.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews