Jelang Muswil KKSS Kepri, Ady Indra Pawennari Ziarah ke Makam Leluhurnya

Jelang Muswil KKSS Kepri, Ady Indra Pawennari Ziarah ke Makam Leluhurnya

Ady Indra Pawennari

Tanjungpinang, Batamnews - Jelang pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) IV Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPW KKSS) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang akan berlangsung di Hotel CK Tanjungpinang pada Sabtu, 25 Mei 2024, calon Ketua KKSS Kepri, Ady Indra Pawennari, melakukan ziarah ke makam leluhurnya, Daeng Marewah dan Daeng Celak, di Hulu Riau, Tanjungpinang, pada Kamis, 23 Mei 2024.

Daeng Marewah dan Daeng Celak adalah dua bersaudara berdarah Bugis yang pernah mengharumkan nama Kesultanan Riau-Lingga-Johor dan Pahang karena keberanian mereka mengusir penjajah dari bumi Melayu ini.

Daeng Marewah, yang bergelar Kelana Jaya Putera, pernah menjabat sebagai Yang Dipertuan Muda Riau I dari tahun 1721 hingga 1728. Selanjutnya, pemerintahan dilanjutkan oleh adiknya, Daeng Celak, yang menjabat sebagai Yang Dipertuan Muda Riau II dari tahun 1728 hingga 1745.

Baca juga: Muswil IV KKSS Kepri Siap Digelar, Panitia Sudah Rampungkan Semua Persiapan

Daeng Celak menikah dengan seorang bangsawan Melayu, Tengku Mandak, dan memiliki dua orang anak, yakni Raja Haji Fisabilillah, yang kini ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional, dan Raja Lumu (Sultan Salehuddin Shah), yang kemudian menjadi Sultan Selangor I (Malaysia).

“Daeng Marewah dan Daeng Celak sepanjang hayatnya telah mendarmabaktikan hidup mereka untuk kita semua. Khususnya dalam mewujudkan persebatian Melayu-Bugis dan memberikan kontribusi besar dalam membangun emporium Melayu, Kerajaan Riau-Lingga-Johor dan Pahang yang sangat terkenal dan sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia,” kata Ady.

Persebatian Melayu-Bugis itu, menurut pria peraih Anugerah Pahlawan Inovasi Teknologi Tahun 2015 tersebut, telah tertuang dalam sebuah perjanjian yang disebut sebagai Sumpah Setia Melayu-Bugis dan pernah dibacakan kembali saat kunjungan Wakil Presiden RI, H. Muhammad Jusuf Kalla, ke Daik, Lingga beberapa tahun yang lalu.

“Kita sebagai generasi penerus wajib mengetahui dan mengingat jasa-jasa para leluhur yang telah memberikan arti hidup kepada kita semua hari ini. Mudah-mudahan nilai luhur yang sudah diwariskan kepada kita memberikan semangat juang dan spirit membangun di bumi Bunda Tanah Melayu ini,” jelasnya.

Baca juga: Asparnas Kepri Bersama Lion Club Singapura Salurkan Bantuan ke Pelajar dan Panti Asuhan

Kegiatan ziarah yang disebut sebagai perjalanan spiritual itu dilakukan oleh Ady Indra Pawennari usai menerima pernyataan dukungan tertulis dari sejumlah Badan Pengurus Daerah (BPD) KKSS Kabupaten/Kota se-Kepri dan Pilar KKSS Kepri di kediamannya, Paviliun Nusantara, Kelurahan Air Raja, Kota Tanjungpinang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews