Manfaat Kesehatan dari Daun Pandan, Lebih dari Sekedar Penyedap Rasa

Manfaat Kesehatan dari Daun Pandan, Lebih dari Sekedar Penyedap Rasa

Daun pandan yang dijual di pasar. (Foto: Aisyah/Batamnews)

Batam, Batamnews - Daun pandan, yang selama ini dikenal sebagai penyedap rasa dalam berbagai masakan Asia Tenggara, ternyata menyimpan segudang manfaat kesehatan yang luar biasa. Penelitian terbaru mengungkap bahwa daun pandan kaya akan senyawa aktif yang memiliki potensi besar dalam mendukung kesehatan tubuh.

Menurut hasil penelitian terkini, daun pandan mengandung antioksidan tinggi seperti flavonoid dan tanin. Senyawa-senyawa ini berperan penting dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh, sehingga membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif termasuk kanker dan penyakit jantung.

"Daun pandan sering dicari untuk digunakan dalam pembuatan makanan dan kue-kue tradisional, yang bukan hanya enak tapi juga sehat," ujar seorang pedagang daun pandan.

Baca juga: Tips Menyimpan Buah dan Sayur agar Tahan Lama

Lebih lanjut, daun pandan juga mengandung senyawa dengan sifat anti-inflamasi yang efektif dalam mengurangi peradangan di dalam tubuh. Ini merupakan kabar baik terutama bagi penderita penyakit inflamasi seperti arthritis dan berbagai penyakit autoimun.

Tak hanya itu, sifat antimikroba yang terkandung dalam daun pandan menjadikannya senjata efektif melawan pertumbuhan bakteri dan jamur, meningkatkan sistem imunitas serta mencegah infeksi.

Pemanfaatan daun pandan dalam diet sehari-hari, baik dalam masakan atau sebagai tambahan pada minuman, tidak hanya meningkatkan cita rasa tapi juga memberikan keuntungan kesehatan yang beragam.

Penulis: Aisyah


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews