Moment Wali Kota Rudi Bertahan di Bawah Guyuran Hujan, Saat Shalat Idul Fitri di Dataran Engku Putri

Moment Wali Kota Rudi Bertahan di Bawah Guyuran Hujan, Saat Shalat Idul Fitri di Dataran Engku Putri

Wali Kota Batam Muhammad Rudi bertahan ditengah hujan saat Sholat Ied di Datarang Engku Putri.

Batam, Batamnews - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, bersama ribuan jemaah menggelar salat Idul Fitri di Dataran Engku Putri, Batam Centre, pada Rabu, 10 April 2024. Pelaksanaan salat Idul Fitri ini berlangsung di tengah guyuran hujan deras.

Sejak pukul 06.00 WIB, jemaah laki-laki dan perempuan satu per satu mulai berdatangan dan mengambil posisi di saf yang sudah disiapkan. Tak berselang lama, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, yang mengenakan baju melayu berwarna putih dan berkopiah hitam tiba. 

Suami dari Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, itu langsung mengambil posisi di saf paling depan, tepat di belakang imam.

Awan hitam mulai datang, cuaca mendung, dan jemaah masih terus berdatangan. Pada pukul 07.00 WIB, cuaca mulai gerimis. Salat Idul Fitri tingkat Kota Batam itu pun dimulai dipimpin oleh Imam Muslim Ahmad.

Baca juga: Pemko Batam Jamin Pelayanan Puskesmas hingga RSUD Tetap Optimal Selama Libur Idul Fitri

Saat rakaat pertama, intensitas hujan mulai tinggi. Namun, jemaah tetap khusyuk menjalankan salat sunnah tersebut. Satu lapangan, baju jemaah mulai basah diguyur hujan. Jemaah tetap bertahan hingga salam sebagai penutup rakaat terakhir.

Usai salat, beberapa jemaah langsung mengambil posisi ke tempat teduh. Sebagian menuju Kantor Wali Kota Batam, sebagian lagi ke Museum Batam Raja Ali Haji. 

Namun, ada beberapa jemaah lainnya, termasuk Wali Kota Rudi, yang tetap bertahan di bawah guyuran hujan untuk mendengarkan khotbah yang disampaikan oleh KH Lukman Rifa'i.

Sepanjang khotbah, Wali Kota terlihat khusyuk mendengarkan di bawah guyuran hujan yang intensitasnya semakin tinggi. Tak ayal, baju hingga sajadah yang diduduki orang nomor satu di Batam itu basah diguyur hujan.

Khotbah berakhir, Wali Kota mulai beranjak dari tempat duduknya. Tak langsung menepi, Wali Kota terlihat memanjatkan doa hingga mengusapkan kedua tangannya ke muka. Sejurus kemudian, Wali Kota mulai beranjak dan menyalami jemaah yang tersisa.

"Sampai hari ini, setelah 13 tahun, baru kali ini salat Idul Fitri di bawah guyuran hujan," kalimat itu meluncur dari bibir Wali Kota sembari melemparkan tawa di hadapan beberapa awak media yang dari tadi menunggunya.

Baca juga: Bus Trans Batam Libur Beroperasi Saat Hari Pertama Idul Fitri

Bahkan, ia mengaku sangat menikmati suasana tersebut bersama jemaah lain. Di kesempatan itu, Wali Kota mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1445 H kepada seluruh masyarakat Kota Batam dan mengundang mereka dalam acara halalbihalal (silaturahmi dan rumah terbuka) yang digelar pada 10-11 April 2024 di kediamannya.

"Kami juga mengundang seluruh masyarakat dalam acara halalbihalal di kediaman (silaturahmi dan rumah terbuka ini digelar 10-11 April 2024),” undang Rudi.

Untuk diketahui, salat Idul Fitri 1445 H tingkat Kota Batam digelar di 889 lokasi, tersebar di 756 masjid, 112 musala, dan 21 lapangan. Selain di Dataran Engku Putri, Pemko Batam juga menggelar salat Idul Fitri di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dan Masjid Baiturrahman.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews