Usia Tak Jadi Penghalang, Kakek Rahman Semangat Keliling Mengais Rezeki Menjual Minyak Lintah Papua

Usia Tak Jadi Penghalang, Kakek Rahman Semangat Keliling Mengais Rezeki Menjual Minyak Lintah Papua

Kakek Rahman penjual minyak lintah Papua. (Foto: Keassy/Batamnews)

Batam, Batamnews - Dalam usia yang sudah mencapai 85 tahun, semangat Rahman untuk terus berdagang patut dijadikan inspirasi. Warga Pasar Jodoh, Batam ini menjadi sorotan karena dedikasinya menjual minyak lintah Papua. Meski berusia senja, Rahman menunjukkan bahwa semangat dan kegigihan tidak kenal usia.

Selama enam tahun, Rahman telah berkelana dari satu provinsi ke provinsi lain di Indonesia, membawa serta minyak lintah Papua yang dipercayanya memiliki banyak manfaat. 

"Saya asli Sumatera, dan sudah bertahun-tahun saya berkeliling jualan di beberapa provinsi. Beginilah saya," ujar Rahman dengan penuh semangat.

Baca juga: Kisah Inspiratif Neni, Penjual Telur Gulung Sukses di Bazar Golden Prawn

Rahman berbagi kisah tentang perjalanannya di Pasar Jodoh, Batam, pada Rabu, 3 April 2024. Meskipun baru lima hari berjualan di lokasi tersebut, ia telah merasakan dinamika pasar yang fluktuatif. 

"Kadang tidak menentu lah, kalau ada laku 4-5 biji per hari, ini masih promo kalau saya jual Rp 90.000," katanya.

Dibalik semangat berjualan yang tinggi, Rahman menyimpan kunci sukses yang sederhana: tekad yang kuat dan cinta terhadap produk yang dijualnya. Perjalanan dari Banjarmasin ke Pangkalan Raya, lalu ke Cendana, adalah bukti nyata dari ketekunan yang ia miliki.

Baca juga: Inspirasi dari Pinggiran Batam: Kisah Sukses Anam, Sang Mekanik Muda

Tidak hanya sebagai cara mencari nafkah, berjualan bagi Rahman juga menjadi obat penawar rasa jenuh dan pusing yang mungkin dirasakannya jika hanya diam di rumah. 

"Dari pada saya termenung di rumah bikin pusing kepala, kalau sambil jualan kan tidak. Keliling-keliling sambil nunggu buka puasa," ungkapnya.

Kisah Rahman ini menunjukkan bahwa usia hanyalah angka. Semangat dan kegigihan dalam berusaha dapat mengatasi berbagai rintangan, termasuk tantangan usia. 

Penulis: Keassy Simanjuntak


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews