Batam Wonderfood & Art Ramadhan ditutup Menteri Sandiaga Uno, Ungkap Tren War Takjil

Batam Wonderfood & Art Ramadhan ditutup Menteri Sandiaga Uno, Ungkap Tren War Takjil

Menteri Parekraf Sandiaga Salahudin Uno saat membuka Batam Wonderfood & Art Ramadhan (Foto: Rul)

Batam, Batamnews - Pemerintah Kota Batam berhasil menutup dengan sukses acara "Batam Wonderfood & Art Ramadhan" pada Sabtu, 31 Maret 2024 malam. 

Event yang berlangsung selama 22 hari di bulan Ramadhan tersebut resmi ditutup oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di Taman Dang Anom, Batam.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, menyampaikan rasa syukur atas kesuksesan acara tersebut, yang merupakan bagian dari Karisma Event Nusantara (KEN) 2024. 

"Kami merasa terhormat dengan kehadiran Bapak Sandiaga Uno. Alhamdulillah, event ini berhasil menarik perhatian wisatawan domestik dan internasional," ujar Jefridin.

Baca juga: Kapal RoRo KMP Sembilang Mempercepat Mudik Pemudik di Batam Melalui Sistem Hotline

Pada penutupan Sabtu malam, Menteri Sandiaga Uno menyoroti pentingnya peran kuliner dalam pariwisata. "Tren 'takjil war' di Jakarta menunjukkan betapa kuliner dapat menyatukan berbagai lapisan masyarakat," katanya. 

Sandiaga juga menambahkan bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mendapat keuntungan signifikan dari tren wisata kuliner, dengan 63% wisatawan yang berkunjung ke suatu kota adalah pecinta kuliner.

Sandiaga Uno juga menekankan pentingnya storynomics dalam pariwisata, sebuah pendekatan naratif dan konten kreatif yang menjadi roh dari destinasi wisata. "Dengan storynomics, kami berharap dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan internasional ke Indonesia," tutur Sandiaga.

Sekda Batam, Jefridin, berharap inovasi tersebut akan membawa gaya baru dalam promosi pariwisata dan ekonomi kreatif, dengan target kunjungan wisatawan internasional sebanyak 14 juta orang, di mana Kepulauan Riau diharapkan menyumbang 3 juta kunjungan.

Baca juga: 6 Rekomendasi Kolam Renang di Batam untuk Liburan Menyenangkan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, mengungkapkan inisiatif Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dalam mengadakan event Batam Wonderfood & Art Ramadhan bertujuan untuk memajukan UMKM dan menggerakkan ekonomi lokal. 

"Event ini tidak hanya menyajikan kuliner, tetapi juga berbagai aktivitas kreatif dan hiburan," jelas Ardiwinata.

Batam Wonderfood & Art Ramadhan berhasil menarik 201 UMKM dengan total transaksi mencapai Rp 2,8 miliar dan pengunjung sekitar 32 ribu orang, menandakan kesuksesan besar dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif di Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews