Lokasi Wisata

Ini 10 Objek Wisata yang Wajib Anda Kunjungi saat Berlibur di Batam

Ini 10 Objek Wisata yang Wajib Anda Kunjungi saat Berlibur di Batam

Saat tiba di Batam salah satu keinginan wisatawan adalah mencari tempat berlibur dan melepas penat. Apalagi pas momen pergantian Tahun Baru kali ini. 

Nah bagi Anda yang ingin berlibur  atau menghabiskan malam tahun baru melihat keindahan Kota Batam tak ada salahnya berkunjung ke lokasi-lokasi dengan pemandangan dan tempat yang mengasyikkan berikut ini:

 

1. Jembatan Barelang

Barelang adalah akronim yang diambil dari nama tiga tempat, yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Inilah jembatan penghubung kota Batam dengan pulau-pulau lain di sekitarnya, seperti Pulau Nipah, Pulau Tonton, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru. 

Lokasinya berjarak sekitar 30 menit hingga 1 jam perjalanan menggunakan mobil. Dengan sepeda motor bisa lebih cepat.

Ada enam jembatan yang menghubungkan pulau-pulau tersebut. Masing-masing jembatan diberi nama. Sejatinya, keberadaan jembatan tersebut adalah untuk menopang pertumbuhan industri yang memang dirancang di tempat-tempat tersebut.

Jembatan Barelang

 

2. Pantai Melur Pulau Galang

Pantai Melur Pulau Galang ini terletak di Kecamatan Galang, Kota Batam. Pantai ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit dari kota Batam. 

Anda dapat menjumpai banyak kegiatan pantai yang menarik, di antaranya adalah berenang hingga olahraga pantai. Di sini juga terdapat pasir putih yang cukup indah. Membawa keluarga dan memilih tempat ini sebagai tempat berlibur juga sangat cocok.

Pantai Melur

 

3. Mega Wisata Ocarina

Mega Wisata Ocarina adalah sebuah kawasan wisata terpadu, direncanakan akan semegah Ancol di kota Jakarta. Tersedia banyak wahana permainan di tempat wisata Batam yang satu ini, di antaranya Giant Wheel, Trampolin, Flying Fox, Sepeda Air, Water Boom, dan lain-lain.

Lokasinya berada di pusat kota dan pemerintahan. Hanya beberapa menit saja dengan kendaraan menuju ke sana.

  

 

4. Pantai Marina Sekupang

Inilah tempat wisata di Batam yang sangat cocok bagi Anda untuk menikmati wisata bersama keluarga dan anak-anak. Di Pantai Marina, tersedia taman hijau sebagai tempat bermain anak-anak Anda.

Pantai ini berada di Kecamatan Sekupang. Dari pusat kota bisa ditempuh 20 menit di perjalanan. Di sini bisa menikmati laut dan pasir putihnya.

Pantai Marina Sekupang

 

5. Bukit Tanjung Uma dan Bukit Senyum

Inilah tempat menyaksikan panorama kota Singapura tatkala malam hari. Di Bukit Senyum, Anda akan melihat kilau gemerlapnya cahaya bangunan-bangunan yang ada di Singapura.

Lokasinya berada di pusat kota. Bisa ditemput 5 menit perjalanan dari Nagoya, Batam.

Di sini Anda bisa bersantai di rerumputan atau duduk di bangku yang tersedia di sana, bercengkrama dan menyaksikan panorama kota Singapura tersebut akan menjadi hal yang mengasyikkan. Singapura dari lokasi ini terlihat hanya sepelemparan batu.

 

Pemandangan dari Bukit Senyum

 

6. Restoran Sea Food Golden Prawn

Restoran yang satu ini menyediakan berbagai aneka ragam makanan laut. Mulai dari ikan laut hingga kepiting serta gonggong. Makanan-makanan laut itu dihidangkan dalam berbagai masakan. Mulai dari asam pedas hingga ikan bakar.

Ciri khas lainnya saat mencari makanan laut ini adalah gonggong. Gonggon sejenis siput laut yang diolah dengan cara direbus dan dimakan menggunakan bumbu-bumbu tradisional. Tidak saja di Golden Prawn, namun beberapa restoran seafood di Batam juga menyajikan menu yang sama.

Makan gonggong

 

7. Pantai Tanjungpinggir

Pantai ini memiliki pemandangan yang indah karena berhadapan langsung dengan Singapura. Gedung pencakar langit Singapura bisa dengan jelas terlihat pada saat cuaca cerah. Lokasinya tak jauh dari kota. 

 Hanya berjarak sekitar 15 kilometer atau bisa ditempuh dalam waktu 20 menit dengan menggunakan kendaraan. Di sini juga terdapat hamparan pasir.  

Pantai Tanjungpinggir

 

8. KTM Resort

KTM Resort berada di Kecamatan Sekupang, tak jauh dari Pantai Tanjungpinggir. Di sini Anda bisa menemukan patung Dewi Kwan Im setinggi belasan meter. 

Selain itu villa-villa yang berada di sekitar lokasi juga menambah pesona dari keindahan lokasi resort ini. Lokasi ini juga dibuka untuk umum selain untuk para tamu.

Patung Dewi Kwan Im KTM Resort

 

9. Pantai Nongsa

Pantai ini terletak tak jauh dari Bandara Hang Nadim Batam. Bisa ditempuh dengan berbagai macam kendaraan dan hanya membutuhkan waktu 5 menit dari bandara. Sekitar 30 menit dari pusat kota. Di sini juga terdapat hamparan pasir-pasir putih.

Pantai Nongsa

 

10. Camp Vietnam

Camp Vietnam berada paling ujung di Kecamatan Galang, Batam. Camp ini memiliki sejarah kemanusiaan yang tak terlupakan. Puluhan ribu pengungsi warga negara Vietnam ditampung UNHCR pada saat perang saudara berkecamuk di negara komunis tersebut pada tahun 1979.

Saat ini mereka sudah kembali ke negaranya dan sebagian mencari negara ketiga seperti Amerika, Australia dan sejumlah negara-negara lainnya. Di Camp Vietnam ini juga terdapat bekas peninggalan para pengungsi yang masih utuh. Mulai dari rumah bedeng hingga permakaman.

Perahu peninggalan pengungsi Vietnam

 

 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews