Peringatan Dini BMKG: Waspada Banjir ROB di Kota Batam

Peringatan Dini BMKG: Waspada Banjir ROB di Kota Batam

Pelabuhan Punggur Kota Batam. (Foto: Asrul)

Batam, Batamnews - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi banjir pesisir (Rob) yang berlaku pada tanggal 12 hingga 16 Januari 2024. 

Fenomena ini dipicu oleh fase Bulan Baru (New Moon) yang terjadi pada 11 Januari 2024, bersamaan dengan tingginya curah hujan yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut, Kamis, 11 Januari 2024.

Masyarakat pesisir pantai, khususnya di beberapa kecamatan di Kota Batam, dihimbau untuk tetap waspada dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir pesisir. 

Baca juga: Prediksi BMKG: Prakiraan Cuaca Kota Batam Hari Ini Cek Disini!

Daerah yang diprediksi berpotensi terdampak meliputi Pesisir Kecamatan Batu Aji, Batu Ampar, Sekupang, Nongsa, dan sekitarnya.

Peringatan dini ini memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat agar dapat mengambil langkah-langkah pencegahan dan persiapan yang diperlukan. 

BMKG juga menekankan bahwa potensi banjir pesisir dapat memengaruhi transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Baca juga: Hyundai Creta Facelift Segera Diluncurkan? Inilah Bocoran Terbaru dan Fitur Terkini!

Warga diimbau untuk memantau informasi cuaca dan peringatan dini dari BMKG, serta menjaga keselamatan dan melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan. Pemerintah setempat juga diharapkan bersiap untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada masyarakat yang mungkin terdampak oleh banjir pesisir (Rob).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews