Kerjasama Pembangunan PLTS Ditandatangani oleh BP Batam

Kerjasama Pembangunan PLTS Ditandatangani oleh BP Batam

Batam, Batamnews - Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama PT Batam Sarana Surya dan PT TBS Energi Utama Tbk telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama penyewaan waduk. Kesepakatan ini bertujuan untuk menyediakan infrastruktur genangan waduk guna mendukung proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Acara penandatanganan ini dilaksanakan di ruang rapat Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam pada hari Kamis, 28 Desember 2023.

Penandatanganan tersebut melibatkan Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, Wan Darussalam, bersama Direktur PT Batam Sarana Surya Vivi Simampo, dan SPV Business Development PT TBS Energi Utama Tbk, Dimas Adi Wibowo.

Wan Darussalam, Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, menyampaikan bahwa inisiatif ini merupakan langkah sesuai arahan dari Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. Kota Batam sedang dalam proses persiapan untuk menjadi Hub Pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT), karena sektor energi dianggap memiliki peran strategis dalam meningkatkan perekonomian daerah dan nasional. 

Oleh karena itu, BP Batam terus mendorong EBT sebagai salah satu fokus utama untuk menarik investasi ke Kota Batam.

Baca juga: Peran Infrastruktur dalam Menarik Minat Investor ke Kota Batam

"Pembangunan PLTS ini menjadi tonggak awal Batam menuju green energy kedepannya. Kami harapkan, PLTS ini segera terealisasi dan PT Batam Sarana Surya serta PT TBS Energi Utama Tbk dapat bersinergi dalam membangun Batam, yang otomatis akan meningkatkan daya saing Batam," ujar Wan Darussalam dengan optimis.

Denny Tondano, Direktur Badan Usaha SPAM BP Batam, menjelaskan bahwa perjanjian kerjasama ini mencakup pembangunan PLTS di Waduk Duriangkang dan Waduk Tembesi selama 25 tahun. 
Penandatanganan perjanjian ini menjadi langkah awal dalam mendukung program green energy di Kota Batam.

"Kerjasama ini diharapkan menjadi landasan untuk pengembangan berkelanjutan di masa depan. Semoga kerjasama ini terus berkembang," ungkap Denny Tondano.

Direktur PT Batam Sarana Surya, Vivi Simampo, menyampaikan rasa terima kasih kepada BP Batam atas kesempatan untuk berkontribusi dalam pembangunan solar panel yang akan memenuhi kebutuhan green energy di Kota Batam. PT Batam Sarana Surya akan segera memulai pembangunan sesuai dengan target yang telah disepakati dalam perjanjian kerjasama. 

Baca juga: Muhamad Rudi Ajak Seluruh Warga Batam Rayakan Kenduri Akhir Tahun 2023

Vivi berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik demi kepentingan seluruh masyarakat Kota Batam ke depannya.

"Untuk tahap awal ini, kami akan membangun solar panel dengan kapasitas 120 MWp, dengan tahap awal 5 MWp. Kita berkomitmen untuk melaksanakan misi negara ini menuju green energy dengan zero emission nantinya," katanya.

Sementara itu, Dimas Adi Wibowo, SPV Business Development PT TBS Energi Utama Tbk, menyatakan bahwa penandatanganan kerjasama ini menjadi sejarah bagi perusahaan dan juga BP Batam. PT TBS Energi Utama Tbk memiliki komitmen dalam transisi menuju green energy, dan Kota Batam menjadi salah satu prioritas dalam mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan pemanfaatan green energy.

"Pihak kami akan membangun solar panel berkapasitas 46 MWp di Waduk Tembesi. Kami berharap kerjasama ini dapat segera terlaksana dan memberikan energi yang baik untuk Kota Batam, terutama untuk kepentingan industri dan investasi yang lebih besar lagi," tambah Dimas Adi Wibowo.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada BP Batam atas kerjasama yang baik, sehingga penandatanganan perjanjian penyewaan waduk dapat terlaksana.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews