Ini Daerah di Kepri yang Kebagian Rusun Khusus Anggota TNI-Polri

Ini Daerah di Kepri yang Kebagian Rusun Khusus Anggota TNI-Polri

Salah satu kawasan rusun di Batam yang menjadi tempat hunian murah. (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,607 Triliun untuk membangun rumah susun (rusun) dan rumah khusus (rusus) bagi anggota TNI dan Polri pada 2015.
 
Pengucuran anggaran dilakukan melalui Satuan Kerja Penyediaan Rumah Susun dan Rumah Khusus TNI dan Polri Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PU-Pera.
  
Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PU-Pera menuturkan anggaran dalam Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) tersebut akan dimanfaatkan untuk membangun 135 twin block rusun dan 2.573 unit rusun.
 
“Rencananya pembangunan 135 rusun tersebut dilaksanakan di 121 lokasi yang tersebar di 89 kabupaten/kota di 32 provinsi. Sedangkan rusus akan dibangun sebanyak 2.573 unit tersebar di 109 kabupaten/kota di 12 Provinsi,” ujar Lukman kepada pewarta usai meresmikan pembangunan rumah susun dan rumah khusus Polri tahun 2015 satuan Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Kepri pada Rabu,(3/2/2106) pagi.

Lukman menuturkan, salah satu alokasi anggaran  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera)  diberikan kepada jajaran satuan Brigade Mobil ( Brimob ) Kepolisian Daerah Kepulauan Riau menerima bantuan rumah susun serta rumah khusus  tipe 36 sebanyak dua unit dan tipe 54 sebanyak 4 unit  yang diperuntukan bagi anggota Polri.

Lukman menambahkan, tujuan pembangunan hunian tersebut merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan papan serta produktifitas kerja anggota TNI dan Polri yang bertugas di seluruh pelosok wilayah NKRI.

Oleh karena itu,  dia berharap adanya kerjasama antara Kementerian PU-Pera, Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, Mabes Polri, serta pemerintah provinsi untuk mempercepat terlaksananya pembangunan rumah. 
 
Sementara itu Kapolda Kepri Brigjen Sam Budigusdian mengatakan, kebutuhan untuk  rumah susun (rusun) dan rumah khusus (rusus) bagi anggota Polri dibawah kendalinya saat ini masih kurang mengingat saat ini jumlah personil tersebar di 7 Kabupaten namun pihaknya menyatakan bahwa penyediaan lahan untuk pembangunan tersebut banyak.

"Ya saat ini untuk pembangunan yang baru kita siapkan baru Batam, Tanjung Balai Karimun dan untuk Natuna saat ini belum memiliki lahan yang pas untuk dibangun namun pemberian bagi anggota Polri ini merupakan hal yang penting mengingat jumlah personil saat ini banyak," ujar Kapolda Kepri saat meresmikan rumah susun (rusun) dan rumah khusus (rusus) bagi anggota Brimob di Tembesi pada Rabu, (3/2/2016).

"Untuk saat ini saja contohnya untuk rumah susun yang ada di mako Brimob 1 kamar yang seharusnya ditempati 4 orang mau tidak mau harus kita tambah menjadi 6 orang karena demi memperlancar tugas agar anggota agar tidak tercecer sebab masih banyak anggota Brimob harus kost bahkan kontrak rumah,” ujar Sam Budigusdian.

 

[jim]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews