AirAsia Hilang

Amerika Kirim Kapal Perang Berpeluru Kendali Cari AirAsia

Amerika Kirim Kapal Perang Berpeluru Kendali Cari AirAsia

Kapal USS Sampson (foto: navsource.org)


Amerika Kirim Kapal Perang Berpeluru Kendali Cari AirAsia

Jakarta - Pemerintah Indonesia secara resmi meminta bantuan Amerika Serikat untuk mencari pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak dalam perjalanan dari rute Surabaya menuju Singapura, Minggu (28/12/2014).

Permintaan itu sudah sampai ke Departemen Luar Negeri AS Senin (29/12) kemarin. "Kami menerima permintaan bantuan mencari pesawat dan kami akan memenuhi permintaan tersebut," ujar Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jeff Rathke seperti dilansir Reuters, Selasa, (30/12).

Amerika Serikat (AS) mengirimkan kapal USS Sampson, yang biasa bertugas di laut pasifik. "Sesuai dengan permintaan pemerintah Indonesia dan diarahkan oleh Komando Pasifik AS, US Pacific Fleet telah mengizinkan USS Sampson untuk membantu pencarian AirAsia QZ8501," tulis AL.

"Angkatan Laut siap bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk membantu juga pantauan dari udara," tambahnya.

USS Sampson adalah kapal destroyer berpeluru-kendali (DDG) dilengkapi juga dengan senjata anti kapal selam, anti pesawat terbang dan anti kapal.

Selain kapal dari AS, Angkatan Laut Tiongkok juga sudah mengirim kapal laut dan jet udara. Kapal laut berjenis frigate itu datang dari Laut China Selatan.

Sebelumnya, negara-negara yang sudah membantu adalah Malaysia, Singapura dan Australia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews