Ini Alasan Kepri Layak Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

Ini Alasan Kepri Layak Jadi Tuan Rumah MotoGP 2017

Balapan MotoGP. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti mengatakan, dari sisi pariwisata Provinsi Kepri sangat layak menjadi tempat pelaksanaan MotoGP 2017 mendatang. Hal itu terkait dibatalkannya Sirkuit Sentul di Bogor sebagai tempat pelaksanaan oleh Presiden Jokowi.

"Saya bukan pada kapasitas mengusulkan. Tapi jika ini adalah sebuah kesempatan dari pemerintah, ada beberapa alasan kenapa Kepri layak jadi tempat pelaksanaan MotoGP karena Kepri adalah cross border area sekaligus cross border pariwisata. Sport tourism kini adalah andalan banyak negara menyedot wisatawan seperti Singapura yang mati-matian menggelar F1 meskipun di jalan raya," kata Guntur Sakti, Kamis (28/1/2016) kepada Batamnews.co.id.

Guntur mengatakan, Kepri memiliki tiga syarat. Pertama accessibility (akses) dan fasilitas (amenities). Akses ke Kepri khususnya ke Batam sangat mudah.

Para penonton atau pebalap bisa langsung ke Batam atau lewat Singapura. Dan ketiga atraksi (attraction) yaitu ajang MotoGP itu sendiri.

Lalu, fasilitas yang ada di Batam khususnya sangat layak. "Orang akan berbondong-bondong untuk datang nonton tapi kalau hotel tidak cukup gimana? Khusus Batam sudah sangat lengkap, ada tempat shopping, hiburan, hotel dan resort yang sangat memadai serta fasilitas penunjang lainnya. Bahkan Batam punya 7 lapangan golf. Kan pebalap atau para fans perlu juga bersantai menjelang atau sesudah nonton balap," kata Guntur.

Artinya, menurut Guntur, pemerintah tidak akan memikirkan hal lain kecuali pembangunan sirkuit saja. Dan di Kepri lahan masih tersedia banyak.

Jika bisa mengusulkan, pilih Batam atau Bintan?

"Batam dan Bintan ada kelebihan dan kekurangan. Bintan memiliki lahan yang masih cukup luas untuk pembangunan sirkuit. Namun, fasilitas pendukung di Bintan belum selengkap Batam seperti infrastruktur listrik dan air. Hotel belum sebanyak Batam tapi permasalahan lahan cenderung lebih mudah di Bintan,' kata Guntur.

Guntur menyambung, infrastruktur Batam sangat lengkap. Jalanan bagus, listrik dan air melimpah serta fasilitas seperti hotel, tempat shopping, main golf dan sebagainya.

Guntur menyebut kawasan Barelang adalah tempat yang cocok karena akan lebih indah dari sirkuit MotoGP di Australia yaitu Sirkuit Phillip Island.

"Akses jalan ke Barelang sudah bagus. Bahkan, mungkin saja bisa jadi momentum percepatan penyelesaian status quo di kawasan Barelang," ujar Guntur.

"Tapi sekali lagi saya bukan pada kapasitas mengusulkan. Saya hanya melihat kabar pembatalan Sirkuit Sentul di Bogor sebagai tempat MotoGP adalah momentum bangkitnya pariwisata di Indonesia. Apalagi jika Kepri yang mendapatkan kesempatan," Guntur mengakhiri.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews