Kecelakaan Pesawat

Ini Pesawat-pesawat yang Pernah Celaka di Batam Kepulauan Riau

Ini Pesawat-pesawat yang Pernah Celaka  di Batam Kepulauan Riau

Pesawat Adam Air yang tergelincir di Bandara Hang Nadim Batam beberapa waktu silam (foto/antara)

Batam - Setelah lebih dari 24 jam hilangnya pesawat AirAsia QZ8501 diduga di sekitar perairan Belitung Timur, membuat sejarah kelam kecelakaan pesawat di Tanah Air bertambah. 

Kecelakaan pesawat juga pernah terjadi di Batam, Kepulauan Riau. Namun kecelakaan tak sampai merenggut nyawa atau korban jiwa. 

Berikut beberapa kecelakaan pesawat di Kepulauan Riau:

1. Qantas

Serpihan QantasPada Kamis, 4 November 2010 lalu, pesawat Qantas Airways mengalami insiden. Serpihan pesawat Qantas jatuh di 17 titik di Batam Kota. Mengenai mobil, sejumlah bangunan, merusak atap SD 007 Eden Park Batam Center. Bahkan melukai guru dan muridnya. 

Beruntung pesawat superjumbo Airbus milik maskapai Qantas rute Singapura-Sydney dengan nomor penerbangan QF32 berhasil mendarat darurat di Bandara Changi Singapura, dengan kondisi satu mesin rusak. Sebanyak 469 orang di dalamnya selamat. Buntut insiden itu, seluruh pesawat Airbus A380 dilarang terbang sementara, termasuk 6 unit yang dimiliki Qantas.

2. Adam Air 

Adam Air 

Pesawat Adam Air jenis Boeing 737 seri 400 jurusan Jakarta-Batam tergelincir di Bandar Udara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/3) sekitar pukul 10.30 WIB. Pesawat dengan nomer penerbangan KI-292 berangkat dari Jakarta pukul 08.30 WIB itu mengangkut 172 penumpang.

Pada saat akan melakukan pendaratan, cuaca di Bandara Hang Nadim kurang bagus. Pesawat Adam Air KI-292 yang tergelincir di Bandara Hang Nadim Batam, sempat membatalkan pendaratan dan kembali terbang ke atas (go around). Kemudian mencoba lagi untuk mendarat dan akhirnya tergelincir

3. Asialink

AsialinkPesawat kargo milik Asialink tergelincir di ujung timur landasan pacu saat mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Rabu (17/11) sekira pukul 11.30 WIB. Pe­nyebabnya, roda depan rusak hingga selip saat landing dan rem tidak berfungsi.

Insiden ini tidak menelan korban jiwa. Tiga awak pesawat terdiri dari Pilot Kapten Samsul (Asal Indo­nesia), CO Pilot Adi Tyatia Warman dan satu orang FOO (Flight Office Officer) selamat.

Otoritas Bandara Hang Nadim mengatakan, keru­sakan hidrolik pada roda depan me­­nye­babkan pesawat Asialink dari Singapura tergelincir, saat men­darat di Batam.

4. Cessna

Foto/AntaraPesawat berjenis Cessna PK 152 jatuh di sekitar perairan pulau Ngenang, Kepulauan Riau. Pilot dan siswa selamat. Keduanya sudah dievakuasi dan dilarikan ke rumah sakit.

Pesawat milik Fly Best itu dipiloti Lidya Rossa. Turut di dalamnya siswa penerbangan bernama Agus Nabil. Beruntung keduanya berhasil selamat dengan kondisi luka-luka.

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews