Live Streaming Gerhana Matahari Cincin Api 14 Oktober 2023

Live Streaming Gerhana Matahari Cincin Api 14 Oktober 2023

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Malam ini, Sabtu (14/10/2023), dunia akan menyaksikan fenomena langka, yaitu Gerhana Matahari Cincin Api. Sayangnya, masyarakat di Indonesia tidak bisa melihatnya secara langsung di langit. Namun, ada cara lain untuk menyaksikan peristiwa menakjubkan ini.

Untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin Api, masyarakat di Indonesia dapat mengakses siaran langsung (live-streaming) yang disediakan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). 

NASA akan menyiarkan penampakan gerhana dari beberapa lokasi, termasuk Albuquerque, New Mexico, Kirbyville, Texas, dan White Sands.

Siaran langsung akan dimulai pada 14 Oktober 2023 pukul 11:30 Eastern Time (ET) atau 22:30 Waktu Indonesia Barat (WIB). Masyarakat dapat menontonnya melalui berbagai saluran resmi NASA, termasuk situs web resmi dan aplikasi NASA.

Baca juga: Pria Australia Berusia 30 Tahun Ditangkap Usai Ancam Bom di Penerbangan Scoot dari Singapura ke Perth

Selain itu, Gerhana Matahari Cincin Api juga akan disiarkan secara langsung melalui beberapa akun resmi media sosial NASA, seperti Twitter (https://twitter.com/nasa), Facebook (https://www.facebook.com/events/257401430535836), dan Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=LlY79zjud-Q).

Gerhana Matahari Cincin Api terjadi ketika Bulan berada di titik terjauh dalam orbitnya, sehingga tidak bisa menghalangi sepenuhnya permukaan Matahari. Sehingga, cahaya Matahari membentuk cincin api yang mengelilingi Bulan.

Fenomena ini akan terlihat di sejumlah wilayah Amerika Utara, dimulai pada 12:13 ET (11:13 WIB) hingga 13:03 ET (00:03 WIB 15 Oktober 2023). Wilayah-wilayah yang dapat menyaksikan gerhana ini termasuk pantai Oregon ke Pantai Teluk Texas, Oregon, Nevada, Utah, New Mexico, dan Texas. 

Baca juga: Jack Miller, Pembalap KTM MotoGP, Jadi 'Kang Galon' di Sirkuit Mandalika

Selain itu, gerhana juga bisa dilihat di beberapa wilayah California, Idaho, Colorado, dan Arizona.

Tak hanya di Amerika Utara, fenomena gerhana ini juga dapat dilihat di beberapa negara di Amerika Tengah dan Selatan, seperti Meksiko, Belize, Honduras, Panama, dan Kolombia. Gerhana Matahari Cincin Api akan berakhir di lepas pantai Atlantik Amerika Selatan, di dekat Natal, Brasil.

Bagi mereka yang memiliki kesempatan untuk menyaksikan gerhana ini secara langsung, sangat penting untuk tidak melihat langsung ke arah Matahari selama peristiwa ini terjadi. 

Cahaya Matahari tidak akan terhalang sepenuhnya, dan melihatnya tanpa perlindungan khusus dapat merusak mata. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan perlindungan mata yang sesuai, seperti kacamata gerhana bersertifikat, teleskop, atau kamera dengan filter Matahari khusus.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews