AirAsia Hilang Kontak

Terjadi Sambaran Petir di Jalur AirAsia QZ8501

Terjadi Sambaran Petir di Jalur AirAsia QZ8501

Ilustrasi pesawat (ist)

Jakarta - Pesawat AirAsia nomor penerbangan QZ8501 dipastikan hilang kontak pada Minggu pagi tadi, sekitar pukul 06.17 WIB. Bersamaan dengan hilangnya kontak pesawat tersebut, petir dan badai menyambar di rute pesawat tersebut.

Kasubid Pengelolaan Citra Satelit BMKG Ana Oktavia mengatakan, cuaca ekstrem, yakni badai dan petir sedang terjadi di area sekitar pesawat AirAsia hilang kontak Minggu (28/12/2014) tadi. "Jadi saat itu, ada awan cumulonimbus (yang pekat).

Sementara di Belitung sedang terjadi hujan ringan," kata Ana, seperti ditayangkan Metro TV. Dia menjelaskan, pihak BMKG sebelumnya telah memberikan peringatan bagi para maskapai agar berhat-hati, untuk pesawat yang hendak menuju Singapura.

"Dengan adanya awan cumulonimbus, itu berbahaya bagi penerbangan. Bisa terjadi turbulensi yang membahayakan pesawat itu. "

Hal senada juga dilaporkan WeatherBug, Badan Pemantau Cuaca Swasta yang bermarkas di Germantown, Maryland. Pihaknya menemukan bahwa di sekitar lokasi AirAsia QZ8501 terbang, tengah terjadi badai dan petir.

"Dalam data kami, tengah terjadi sambaran petir di jalur penerbangan AirAsia QZ8501," kicau @WeatherBug. "Citra satelit kami menunjukkan ada badai di sana."

Pesawat AirAsia type Airbus A320-200 yang berangkat dari Bandara Internasional Juanda Surabaya pukul 05.20 WIB itu seharusnya tiba di Bandara Internasional Changi, Singapura pukul 08.30 WIB, namun hilang kontak pada pukul 07.55 WIB.

Jumlah penumpang terdiri dari 155 orang. Selain itu, ada 2 pilot, 4 pramugari, dan 1 teknisi pesawat. Dengan demikan, ada 162 orang yang berada di pesawat jenis Airbus A320-200 tersebut.

Dari total penumpang, pilot dan kru pesawat tersebut, ada sebanyak 156 WNI di dalamnya. Selain itu, ada 3 warga Korea Selatan, 1 Malaysia, 1 Singapura, dan 1 Prancis. Sementara itu, AirAsia menginformasikan nomor telepon yang bisa dihubungi pihak keluarga penumpang, yakni 02129850801. "AirAsia akan terus memberikan informasi terbaru secepat mungkin."


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews