Fenomena Langit Langka: Super Blue Moon Muncul Akhir Agustus, Catat Tanggalnya

Fenomena Langit Langka: Super Blue Moon Muncul Akhir Agustus, Catat Tanggalnya

Super Blue Moon akan muncul pada akhir Agustus 2023 ini, penampakan pertama awal Agustus lalu (internet)

Batam, Batamnews - Langit malam akhir Agustus akan disulap menjadi panggung fenomena langit yang menakjubkan dengan munculnya Super Blue Moon, atau yang lebih dikenal sebagai Bulan Biru. Ini adalah fenomena langka yang hanya terjadi sekali dalam tahun 2023. Simak kapan dan bagaimana Anda bisa menyaksikannya.

Super Blue Moon merupakan fenomena Bulan Purnama Super (Supermoon) kedua dalam bulan Agustus, setelah fenomena Sturgeon Supermoon yang muncul pada 1 Agustus 2023. Kali ini, Super Blue Moon dijadwalkan akan terjadi pada rentang waktu 30-31 Agustus.

Bulan Biru pada akhir Agustus ini akan menjadi salah satu yang terbesar dan paling terang dalam tahun ini. Bulan ini akan mulai terbit pada malam 30 Agustus waktu Amerika Serikat dan bisa dilihat di arah timur setelah Matahari terbenam.

Baca juga: Rencana Subsidi BBM: Pertalite Hilang Diganti Pertamax, Kapan Dimulai?

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menjelaskan bahwa Bulan Biru ini memiliki makna khusus. Selain sebagai Purnama, ini juga menjadi Blue Moon, yaitu ketika terjadi tiga kali purnama dalam satu musim yang biasanya hanya memiliki empat bulan purnama. 

Selain itu, fenomena ini juga akan menjadi Supermoon, saat Bulan berada dalam titik terdekatnya dengan Bumi.

Jarak antara Bulan dan Bumi saat fenomena ini terjadi diperkirakan sekitar 357.344 kilometer, membuat Bulan tampak lebih besar dari biasanya, meskipun hanya sekitar 7 persen lebih besar. Namun, perbedaan ukuran ini mungkin tidak terlalu terlihat tanpa alat bantu.

Bulan Biru Agustus 2023 juga akan memiliki tamu istimewa di langit, yaitu Saturnus. Planet gas raksasa ini akan melewati masa oposisi beberapa hari lagi, sehingga akan tampak sangat terang di langit malam.

Baca juga: Aksi Demonstrasi Formaskar: Menolak Limbah PT Riau Andalan Pulp and Paper di Sungai Kampar

Bagi masyarakat Indonesia yang ingin menyaksikan fenomena langit ini, Organisasi Penerbangan dan Antarika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan informasi bahwa Blue Moon bisa dilihat pada Kamis (31/8) mulai pukul 20.35 WIB atau 21.35 WITA atau 22.35 WIT.

Super Blue Moon menjadi pengingat akan keajaiban alam semesta yang terus memukau kita, mengajak kita untuk melihat ke langit dengan penuh kagum dan apresiasi.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews