Ini Rencana Ambisius Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith untuk Memajukan Potensi Lokal dan Pariwisata

Ini Rencana Ambisius Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith untuk Memajukan Potensi Lokal dan Pariwisata

Ahdi Muqsith (Foto: IG:@osit)

Bintan, Batamnews - Wakil Bupati (Wabup) Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) terpilih sisa masa jabatan 2021-2024, Ahdi Muqsith, telah resmi menjabat dan siap untuk fokus memperkuat ekonomi berdasarkan potensi lokal yang berdaya saing di daerah tersebut.

"Ini salah satu langkah konkret dalam mewujudkan visi Kabupaten Bintan rumah kita, berdaya saing dan inovatif menuju masyarakat sejahtera," kata Ahdi Muqsith usai ditetapkan sebagai Wabup Bintan terpilih melalui sidang paripurna di kantor DPRD setempat, Kamis.

Bintan, dengan letak geografisnya yang mencakup 96 persen lautan, memiliki potensi besar di bidang kelautan dan perikanan. Oleh karena itu, Ahdi Muqsith berkomitmen untuk merevitalisasi pemberdayaan masyarakat nelayan dan pembudidaya.

Baca juga : Osit Menang di Pilwabup Bintan: Dhenok Partai PKS Absen dalam Paripurna Istimewa

Ia mengungkapkan bahwa ke depan, nelayan dan pembudidaya harus merubah pola yang selama ini berjalan, yaitu dari tangkap jual menjadi tangkap olah jual, sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi dari hasil tangkap atau budidaya tersebut.

"Untuk mendukung hal itu, kita akan proaktif dalam memberikan pembinaan dan pendampingan masyarakat berupa pelatihan, bantuan stimulus hingga bantuan konsultasi agar makin optimal dalam memanfaatkan sumberdaya yang ada," ujarnya.

Tidak hanya itu, sektor pariwisata juga merupakan potensi besar lainnya di Bintan yang selama ini telah menjadi penopang pendapatan asli daerah (PAD). Pasca pandemi COVID-19, Bintan kembali berbenah untuk menerima wisman. 

Bintan terkenal akan keindahan wisata bahari dibalut panorama alam yang masih hijau dan alami. Salah satunya adalah kawasan wisata terpadu Lagoi yang dikenal bertaraf internasional.

Baca juga : Sekretaris Dinas Perkim Bintan Diberhentikan Sementara Setelah Jadi Tersangka Korupsi Jembatan Tanah Merah

Untuk menghadapi tantangan ini, pemkab Bintan akan mengoptimalkan program wisata oleh masyarakat, misalnya dengan membentuk desa atau kampung wisata. Mereka juga berencana untuk menciptakan destinasi wisata baru yang berbasis masyarakat lokal, dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Di sisi lain, Ahdi Muqsith akan terus berupaya mewujudkan SDM berkualitas dan berdaya saing melalui kemudahan akses pelayanan dasar, seperti kesehatan dan pendidikan. Menurutnya, warga yang sehat dan terdidik akan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada pembangunan dan ekonomi di Bintan.

Sebelumnya, DPRD Kabupaten Bintan secara resmi menetapkan Ahdi Muqsith sebagai Wakil Bupati Bintan terpilih sisa masa jabatan 2021-2024 melalui sidang paripurna, Kamis. Ahdi Muqsith dari Partai Demokrat berhasil meraih 20 suara, mengalahkan Dhenok Puspita Sari dari PKS yang hanya mendapatkan satu suara. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews