Peringatan Gelombang Laut: Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Batam, Lingga, dan Bangka

Peringatan Gelombang Laut: Potensi Gelombang Tinggi di Perairan Batam, Lingga, dan Bangka

Waspada gelombang laut di perairan Batam, Lingga dan Bangka (ilustrasi/frepik)

Batam, Batamnews -  Pusat Meteorologi Maritim BMKG telah mengeluarkan prakiraan cuaca perairan untuk wilayah sekitar Batam pada Kamis (24/8/2023) mulai pukul 07:00 WIB hingga pukul 19:00 WIB. 

Warga, terutama para pelaut dan nelayan, diingatkan untuk memperhatikan peringatan mengenai potensi gelombang laut yang bisa mencapai ketinggian 1,5 meter di wilayah Perairan Batam, Perairan Lingga, dan Perairan utara Bangka.

Selain itu, perhatian juga harus diberikan pada perairan Kepulauan Riau, di mana adanya sistem awan hujan dapat memicu gelombang (wind-wave) yang lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya. 

Baca juga: Hujan Kembali Guyur Kota Batam, Warga Diminta Waspada Terhadap Potensi Banjir

Kondisi sinoptik saat ini menunjukkan bahwa kelembapan udara yang tinggi didukung oleh kondisi udara lokal yang tidak stabil, sehingga memungkinkan terbentuknya sistem awan hujan.

Prakiraan cuaca untuk area pelayanan di wilayah tersebut adalah hujan sedang dengan kecepatan angin berkisar antara 2 hingga 15 knots, bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya. 

Gelombang laut diperkirakan dalam kisaran sedang, dengan ketinggian berkisar antara 1,25 hingga 2,50 meter.

Baca juga: Lanjutan Kasus Investasi Bodong: Oknum Anggota Polisi Tanjungpinang Terancam Sidang Kode Etik

Warga yang memiliki aktivitas di perairan diharapkan untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca yang mungkin berubah tiba-tiba, terutama berkaitan dengan gelombang laut yang dapat memengaruhi keamanan pelayaran dan aktivitas di laut. 

Tetap mengikuti perkembangan informasi cuaca dari sumber yang resmi seperti BMKG adalah tindakan yang bijak dalam menghadapi kondisi cuaca yang dinamis.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews