Wali Kota Rudi Sampaikan Rasa Prihatin dan Bantuan di Lokasi Kebakaran Pulau Buluh

Wali Kota Rudi Sampaikan Rasa Prihatin dan Bantuan di Lokasi Kebakaran Pulau Buluh

Wali Kota Batam Muhammad Rudi bersama Wakil Gubernur Kepri Merlin Agustina meninjau lokasi kebakaran di Pulau Buluh (dok kominfo batam)

Batam, Batamnews -  Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, bersama Ketua TP PKK Kota Batam dan Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina, mengunjungi lokasi kebakaran di RT 06 RW 02, Kelurahan Pulau Buluh, Kecamatan Bulang pada Rabu (19/7/2023). 

Rudi turun langsung ke lokasi kejadian untuk bertatap muka dengan para korban dan menyampaikan rasa prihatin serta memberikan bantuan.

Baca juga:  Kebakaran di Pulau Buluh, Batam: Satu Orang Dilaporkan Meninggal

"Hadir menyampaikan rasa keprihatinan kepada warga Pulau Buluh yang saya cintai, yang tengah tertimpa musibah kebakaran. Juga bersama Wakil Gubernur Kepri, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepri, Camat Bulang, Polsek Bulang, dan Ketua Baznas Kota Batam hadir disini untuk memberi dukungan serta bantuan," kata Rudi.

Kunjungan Wali Kota Rudi dilakukan setelah mendapatkan laporan tentang kebakaran yang terjadi pada pukul 05.45 WIB pada Rabu pagi. Kebakaran tersebut menyebabkan 10 rumah hangus terbakar dan mengakibatkan 33 jiwa dan 13 kepala keluarga menjadi korban.

"Kita hadir untuk mengetahui secara langsung apa yang dirasakan masyarakat Kota Batam. Tujuannya adalah merespon cepat dan menentukan kebijakan yang akan diambil demi membantu para korban. Pemerintah Kota Batam juga akan menilai besaran kerugian yang dialami masyarakat, sehingga akan terdata berapa jumlah yang akan dibantu oleh Pemerintah Kota Batam," tegasnya.

Baca juga: Tragis! Lansia Tewas dalam Kebakaran di Pulau Buluh Batam

Selain Pemerintah Kota Batam, Baznas Kota Batam juga memberikan bantuan langsung berupa kebutuhan dapur umum senilai Rp 30 juta kepada perwakilan masyarakat. Selain itu, Baznas juga memberikan bantuan sejumlah Rp 75 juta untuk perbaikan 10 rumah korban kebakaran.

"Meskipun bantuan tersebut belum cukup, kami akan terus mencari solusi dan menghitung agar bisa menambah biaya pembangunan rumah dari pemerintah," tambah Rudi.

Setelah meninjau dan bertemu langsung dengan para korban kebakaran, Muhammad Rudi bersama Marlin Agustina mengunjungi Vihara Samudera Bhakti untuk bertemu dengan keluarga korban meninggal dunia, yaitu wanita berusia 73 tahun bernama Sui Eng. Mereka menyampaikan rasa empati dan ungkapan duka cita atas kejadian tersebut.

Baca juga: Peringatan BMKG: Potensi Hujan Badai Disertai Petir Mengintai Kota Batam Hari Ini

"Atas nama Pemerintah Kota Batam, kami turut berbelasungkawa atas korban meninggal dunia akibat musibah ini. Untuk para korban lain yang mengalami musibah ini, kami mengingatkan bahwa semua yang terjadi di dunia adalah cobaan dari Allah, maka jangan sampai merenung terlalu jauh. Ambil hikmahnya, sebagai mahluk ciptaan Tuhan, kita berikhtiar mencari kenikmatan dibalik kejadian ini. Mari kita perbaiki bertahap, lanjutkan kehidupan dengan semangat positif," ungkap Rudi memberi semangat kepada para korban kebakaran Pulau Buluh.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews