Bandara Hang Nadim Dikembangkan, Tambah Terminal Baru di Sisi Kiri

Bandara Hang Nadim Dikembangkan, Tambah Terminal Baru di Sisi Kiri

Bandara Internasional Hang Nadim Batam. (foto: ist/wikimapia)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam, akan menambah terminal di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada 2018. Terminal baru ini diperkirakan akan menyedot anggaran Rp 2 triliun.

"Sudah direncanakan, 2018 akan dibangun terminal dua pada sisi kiri terminal yang ada saat ini. Anggarannya sekitar Rp 2 triliun," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso dilansir antara, Selasa (5/1/2015).

Terminal dua dibutuhkan mengingat pertumbuhan penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam dari tahun ke tahun terus meningkat sehingga terminal satu tidak akan mampu lagi menampung penumpang.

"Kapasitas saat ini lima juta penumpang pertahun. Sementara hingga akhir 2015 jumlah penumpang sudah diatas lima juta. Jadi sambil menunggu pembangunan terminal dua, terminal saat ini akan dimaksimalkan dan ditambah menjadi kapasitas delapan juta penumpang per tahun," kata dia.

Untuk 2016, kata dia, akan dilakukan penataan pada gerai-gerai cinderamata, makanan yang ada di lantai dasar dan lantai dua agar ruang tunggu lebih luas.

"Untuk satu dua tahun akan memaksimalkan dan menambah luas terminal satu. Namun untuk jangka panjang itu tidak akan mampu menampung penumpang. Jadi solusinya dibangun terminal dua yang diperkirakan membutuhkan waktu dua tahun," kata Suwarso.

Lokasi pembangunan, kata dia, berada pada terminal kargo yang ada saat ini. Sehingga sebelum pembangunan terminal kargo akan dipindahkan ke sisi kanan kawasan bandara.

Sekarang, Bandara Hang Nadim memiliki landas pacu sepanjang 4.025 meter yang menjadikan bandara ini sebagai pemilik landas pacu terpanjang di Indonesia. Dengan kondisinya saat ini, Bandara Hang Nadim dapat menampung 18 pesawat berbadan lebar seperti Boeing 767.

(ind/bbs/antara)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews