Indra Sjafri Jadi Pelatih Lokal Tersukses Usai Bawa Timnas U-22 Juara SEA Games 2023

Indra Sjafri Jadi Pelatih Lokal Tersukses Usai Bawa Timnas U-22 Juara SEA Games 2023

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri. (Foto: PSSI)

Jakarta, Batamnews - Indra Sjafri resmi menyematkan gelar pelatih lokal tersukses setelah berhasil membawa Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas pada SEA Games 2023, yang berlangsung pada Selasa (16/5/2023) malam WIB.

Timnas Indonesia sukses merebut medali emas dalam cabang olahraga sepak bola putra setelah mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 di final SEA Games 2023 yang memerlukan waktu perpanjangan.

Kemenangan ini menjadi momen penting bagi sepak bola Indonesia, yang telah mengalami stagnasi selama 32 tahun. Sebelumnya, medali emas terakhir diraih oleh Indonesia pada SEA Games 1991 yang dipimpin oleh Anatoli Polosin.

Prestasi Indra Sjafri sejajar dengan pelatih Indonesia, Bertje Matulapewa, yang berhasil membawa Indonesia menjadi juara SEA Games 1987. Indra Sjafri sendiri tidak memiliki catatan prestasi sebagai pemain atau pelatih klub, tetapi rekam jejaknya di timnas usia muda sudah tidak diragukan lagi.

Karier pelatih asal Sumatera Barat ini meroket setelah sukses membawa Timnas Indonesia U-19 meraih juara Piala AFF 2013 di Sidoarjo. Dengan menerapkan filosofi "Pepepa" (pendek-pendek-panjang), Indra berhasil mengembangkan gaya permainan menarik bagi Timnas U-19. Evan Dimas dan rekan-rekannya berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 7-6 dalam drama adu penalti.

Enam tahun kemudian, Indra Sjafri juga berhasil membawa Timnas Indonesia U-22 meraih juara Piala AFF U-22 2019 di Kamboja. Saat itu, Marinus Wanewar dan timnya berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 pada pertandingan final.

Namun, Indra Sjafri mengalami kegagalan dalam SEA Games 2019. Pasukan Garuda Muda harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor 0-3 pada pertandingan final di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Setelah menjadi asisten pelatih Shin Tae Yong pada akhir 2019, Indra Sjafri kemudian dipercaya sebagai Direktur Teknik PSSI, menggantikan posisi Danurwindo. Ia juga kembali dipilih untuk melatih Timnas Indonesia U-22 dalam persiapan SEA Games 2023, agar Shin Tae Yong bisa fokus pada Timnas Indonesia U-20 dalam Piala Dunia U-20 2023.

Namun, kegagalan Indonesia dalam Piala Dunia U-20 terjadi setelah FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia karena masalah politis. Beberapa pejabat daerah menolak kehadiran timnas Israel di Indonesia, yang menyebabkan Indonesia tidak dapat menjadi tuan rumah.

Meskipun demikian, posisi Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas Indonesia U-22 tetap dipertahankan, meskipun Shin Tae Yong tidak lagi aktif dalam peran pelatih. Hal ini disebabkan oleh kepercayaan yang telah diberikan kepada Indra Sjafri dalam memilih pemain terbaik sesuai dengan skema permainan yang diinginkan.

Di bawah arahan Indra Sjafri, Timnas Indonesia U-22 akhirnya berhasil mencapai target yang telah ditetapkan oleh PSSI dan pemerintah, yaitu memenangkan medali emas sepak bola setelah 32 tahun vakum.

Dengan demikian, Indra Sjafri telah mencatatkan namanya sebagai pelatih lokal tersukses di Timnas jika diukur dari segi trofi yang berhasil diraih. Tidak dapat disangkal bahwa Indra telah meraih tiga gelar juara di level usia, yaitu bersama Timnas U-19 dan dua kali bersama Timnas U-22.

Prestasi yang diraih oleh Indra Sjafri ini menunjukkan komitmen dan dedikasinya dalam mengembangkan sepak bola Indonesia. Keberhasilannya membawa Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 memberikan harapan baru bagi perkembangan sepak bola Tanah Air.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews