Konsumsi BBM Gasoline Meningkat 7% selama Ramadan dan Idul Fitri

Konsumsi BBM Gasoline Meningkat 7% selama Ramadan dan Idul Fitri

Konsumsi gasoline di wilayah Sumatera Bagian Utara meningkat 7 persen selama Ramadhan dan Idulfitri (ist)

Batam, Batamnews - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mencatat peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis gasoline sebesar 7% selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2023.

Freddy Anwar, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, menyatakan bahwa angka ini merupakan peningkatan jika dibandingkan dengan rata-rata penyaluran normal pada bulan Maret 2023.

Baca juga: Eks Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa Divonis Penjara Seumur Hidup

Wilayah operasional Sumbagut meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, Kepulauan Riau (Kepri), dan Riau.

"Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) berhasil menjaga stok BBM selama Ramadan dan Idul Fitri. Tidak ada kelangkaan BBM di jalur mudik, dan stok BBM, LPG, serta Avtur tetap terjaga dengan baik dan aman. Kami telah mengantisipasi peningkatan konsumsi gasoline sebelumnya," ungkap Freddy Anwar.

Freddy menjelaskan bahwa rata-rata penyaluran gasoline Satgas RAFI 2023 di Sumbagut, seperti Pertamax Turbo, Pertamax, dan Pertalite, mengalami kenaikan sebesar 7% dari 12.700 Kilo Liter (KL) menjadi 13.751 KL dibandingkan bulan Maret 2023.

Baca juga: Pawai Taaruf STQH Kepri ke - X: Kafilah Batam Usung Tema Kota Baru

Sementara itu, penyaluran gasoil seperti Pertamina Dex, Dexlite, dan Biosolar mengalami penurunan sebesar 15% dari 8.783 KL menjadi 7.577 KL di wilayah Sumbagut. Penurunan konsumsi gasoil ini disebabkan oleh penurunan kegiatan transportasi logistik dan industri menjelang hari raya Idul Fitri.

"Konsumsi Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo meningkat selama Ramadan dan Idul Fitri. Sementara itu, konsumsi Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex mengalami penurunan. Tim Satgas RAFI Pertamina berhasil mengelola dan memenuhi kebutuhan energi masyarakat dengan baik selama periode mudik dan arus balik Lebaran," tambahnya.

Baca juga: Ratusan Atlet Popda dan Porprov Kepri Diberikan Bonus oleh Pemerintah Kabupaten Karimun

Freddy Anwar juga mengungkapkan bahwa penyaluran LPG PSO dan NPSO pada Satgas RAFI 2023 mengalami penurunan sebesar 3% dari 3.613 Metrik Ton (MT) menjadi 3.494 MT di wilayah Sumbagut.

Selain itu, konsumsi Avtur mengalami peningkatan sebesar 23,7% dari kondisi normal saat puncak arus mudik Lebaran pada H-3 Lebaran atau 19 April 2023. Pada puncak arus balik H+3 Lebaran, permintaan Avtur meningkat sebesar 5% dari rata-rata penyaluran normal.

Di wilayah Kepulauan Riau, konsumsi gasoline selama periode Satgas RAFI 2023 mengalami peningkatan tipis, kurang dari 1%, dengan distribusi sebesar 1.215 KL per hari dibanding konsumsi rata-rata harian normal sebesar 1.212 KL per hari. Sementara itu, konsumsi gasoil mengalami peningkatan sebesar 1%, yaitu sebesar 367 KL dibandingkan dengan konsumsi normal sebesar 363 KL.

Baca juga: Pemkab Meranti Defisit Rp250 Miliar Pasca Bupati Adil Ditangkap KPK, Program Tak Penting Ditunda

Freddy Anwar mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk pemerintah daerah, Kepolisian, TNI, rekan media, dan seluruh pihak yang telah mendukung pendistribusian BBM selama periode Satgas Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Dia juga mengimbau masyarakat di Kepulauan Riau untuk menggunakan BBM berkualitas seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

"BBM berkualitas ini memberikan banyak manfaat, termasuk sesuai dengan spesifikasi mesin sehingga kendaraan bisa lebih awet dan terlindungi," ujar Freddy Anwar.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews