34 Aplikasi Rampok Rekening Bajak WhatsApp, Periksa HP Anda

34 Aplikasi Rampok Rekening Bajak WhatsApp, Periksa HP Anda

Ilustrasi

Batam - Peneliti keamanan menemukan Hook, sebuah malware baru yang ditemukan bersarang pada 34 aplikasi. Malware ini dapat menguras rekening korban, bahkan membajak WhatsApp korbannya.

Hook disebut dibuat oleh peretas yang sama yang membuat virus Android untuk perbankan BlackRock dan ERMAC. Metode ini memungkinkan pelaku bisa melakukan serangan dari jarak jauh dan mengakses pada file yang disimpan di perangkat.

Pada BlackRock, serangan bisa membuat peretas bisa mencuri uang dan juga password pada aplikasi perbankan. Sementara itu, ERMAC digunakan untuk dompet kripto, yakni mencuri informasi kontak dan ID bank milik korban.

Di satu sisi Hook disebut bisa menyelesaikan sederet penipuan mulai. Perusahaan keamanan siber asal Belanda, Threat Fabric memberikan contoh seperti eksfiltrasi data hingga transaksi, yakni dengan seluruhnya tanpa memerlukan saluran tambahan.

Selain itu, Hook juga bisa mengunduh file tertentu sehingga hacker bisa mendapatkan daftar yang disimpan di dalam perangkat.

Untuk WhatsApp, Hook dilaporkan bisa menyimpan seluruh obrolan. Bahkan mereka bisa mengirim pesan dengan menggunakan akun korban.

Parahnya lagi, Hook telah tersedia di pasar global. Gizchina melaporkan beberapa negara yakni Amerika Serikat, Australia, Polandia, Kanada, Turki, Inggris, Spanyol, Prancis, Italia, dan Portugal.

Korban target malware baru ini adalah Google Play Store. Sejumlah langkah keamanan di toko aplikasi baik Android dan ChromeOS telah dilakukan, namun belum bisa menghentikan sebaran tersebut.

Masalah ini berdasarkan pengungkapan pakar keamanan khusus SecneurX. Mereka juga memberikan daftar aplikasi yang terinfeksi sejumlah virus yang ditunjukkan bagi Android. Termasuk di dalamnya adalah Joker.

Berikut adalah daftar 34 aplikasi yang terinfeksi malware Hook:

Logo Design Maker
Funny Emoji Keyboard
Animal Doodle Drawing
Paper Paint - Autolycos
Dexterity QR Scanner
Heart Rate Monitor
Fun Paint & Coloring
Beauty Christmas Songs
Epica Gamebox & Hub
Magic Face AI
Love Sticker
HD Screen Mirroring
Phone to TV - Joker
Photo Voice Translator
Effect Voice Changer
Quick PDF Scanner
Easy Voice Change
Fast Language Translator
Perfect Face Swap
Effects Photo Editor
Super Emoji Editor & Sticker
Blue Voice Changer
Cool Screen Mirroring
Phone Cleaner Lite
Digital Clock - Always display
Live Wallpaper
Grape Camera & Photo Editor
Blood Glucose Recorder
Clever Clean - Batter Saver
Album Live Wallpaper & Theme
Shortcut Screen Mirroring
Mind Message - Joker
Advanced Cast Screen
Coloring Painting


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews